Putaran Nasional Piala Soeratin U-15 tahun 2023/2024 Resmi Bergulir di Dua Kota

Putaran Nasional Piala Soeratin U-15 tahun 2023/2024 resmi dibuka dan bergulir di Stadion Kottabarat, Solo, Jawa Tengah, Senin (22/1).

Piala Soeratin U-15 ini dibuka oleh Komite Eksekutif, PSSI, Muhammad dan Wakil Asprov Jateng, Purwidyastanto, sebelum laga di Grup A, antara Jawa Tengah melawan Jawa Timur.

Muhammad mengatakan, Piala Soeratin U-15 adalah kanal untuk persiapan membentuk Timnas Indonesia U-16 menuju Piala AFF U-16.

“Sebentar lagi kan ada Piala AFF U-16, proyeksinya nanti ke arah sana. Di samping kami punya Elite Pro Academy (EPA), kami harus mencari pemain yang tidak terpantau, karena EPA timnya kan terbatas hanya 18 tim. Apalagi yang ikut Soeratin Nasional ini kan dari Sabang sampai Merauke, cari pemain itu kolamnya harus sebesar-besarnya,” kata Muhammad.

Dia menjelaskan alasan pemilihan dua kota untuk menjadi tuan rumah Piala Soeratin U-15. Laga final Piala Soeratin U-15 akan diadakan di Stadion Sriwedari, Solo.

“Solo dan Jogja dipilih karena butuh delapan lapangan yang standar. Kalau hanya Solo enggak cukup, makanya ada Jogja juga. Pertandingannya setiap hari, untuk Putaran Nasional Piala Soeratin U-15 nanti finalnya akan diadakan di Stadion Sriwedari,” lanjutnya.

Kota Solo bersama dengan Jogja ditunjuk menjadi tuan rumah untuk kompetisi pembinaan usia dini ini.

Ada delapan stadion yang digunakan untuk Piala Soeratin U-15 yaitu Lapangan YIS, Dwi Windu Bantul, UNY Wates, Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapangan UNS, dan Lapangan Kottabarat.

Di laga perdana, Papua sukses mencukur Jambi dengan skor telak 7-0, hasil itu merupakan skor tertinggi di kelompok umur ini. Skor besar juga dicetak oleh Maluku Utara yang menjinakkan Gorontalo enam gol tanpa balas.

Hasil Pertandingan Piala Soeratin U-15, Senin 22 Januari 2024:

 

Grup A

Jawa Tengah 3-2 Jawa Timur

Sumatera Utara 3-1 Sulawesi Tenggara

 

Grup B

Maluku 1-3 Sulawesi Utara

Bengkulu 1-0 Aceh

 

Grup C

Nusa Tenggara Barat 0-1 Lampung

Sulawesi Selatan 0-3 DKI Jakarta

 

Grup D

Kalimantan Tengah 3-1 Kalimantan Timur

 

Grup E

D.I Yogyakarta 1-1 Sumatera Barat

Banten 2-1 Bali

 

Grup F

Bangka Belitung 2-0 Sulawesi Tengah

Papua 7-0 Jambi

 

Grup G

Kalimantan Selatan 3-0 Nusa Tenggara Timur

 

Grup H

Gorontalo 0-6 Maluku Utara