Profesionalisme Pemain Jepang Dipuji Aji

Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso memuji performa Kei Hirose. Gelandang asal Jepang itu dianggap tampil apik pada dua laga babak penyisihan Grup E Piala Presiden 2019.

Aji menyebut Kei Hirose sangat profesional dan good educated sehingga bisa berkontribusi maksimal bagi tim di sebuah pertandingan.

"Memang, rata-rata pemain Jepang itu good educated (pendidikannya bagus). Mereka profesional," ujar Aji.

Menurut mantan bek kiri nasional tersebut, Kei Hirose selalu tekun baik saat latihan maupun dalam pertandingan. Apa yang dipersiapkan saat latihan, dijalankan dalam laga. 

"Sebenarnya bukan hanya Hiro (sapaan Kei Hirose). Pemain Jepang sangat bagus dan memahami bagaimana bermain sepak bola profesional," ungkap mantan pelatih Arema FC itu.

Aji kemudian mencontohkan eks pemain Persela sebelumnya, Shohei Matsunaga dan Kozuke Uchida. Pofesionalitas keduanya jempolan. Hal itu menjadi alasan bagi Aji pula, menyertakan pemain Jepang ketika berburu pemain asing.

Dalam dua laga melawan Persita dan Arema, Kei Hirose dianggap berperan penting bagi timnya. Saat pemain asing lainnya memerlukan adaptasi lebih dari satu pertandingan, pemain berposisi gelandang bertahan itu bisa langsung tune in, menjalankan apa yang diinginkan pelatih.