Persijap dan PSKC Melaju ke Final Liga 3 2019

PSKC Cimahi dan Persijap Jepara menasbihkan diri sebagai juara di fase grup babak 8 besar Liga 3. PSKC Cimahi sukses menuntaskan perlawanan Persekat Tegal dengan skor tipis 1-0 di Stadion Siliwangi Bandung, sebagai perwakilan dari wilayah Barat. Sementara untuk wilayah Timur, Persijap Jepara meraih kemenangan 2-0 atas Perseta Tulungagung di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Kamis (26/12).

PSKC keluar sebagai juara grup wilayah Barat dengan torehan tujuh poin, hasil dari satu kali seri dan dua kali menang. Sementara Persijap meraih poin sempurna, tak terkalahkan di tiga laga berturut-turut dan mengoleksi sembilan poin.

PSKC Cimahi bermain tenang dan sabar, sesuai dengan apa yang dikatakan pelatih kepala Robby Darwis, sebelumnya. Satu gol tim ini dilesakkan oleh Dian Sasongko di menit ke-31. Dian yang tak terkawal, melakukan tendangan keras dari sisi kanan pertahanan lawan, gol meluncur deras ke gawang Persekat yang dijaga oleh Rudi N Rajak.

“Kemenangan yang fantastis. Saya katakan kemarin, pemain harus tetap bermain sabar dan tenang, laga ini berat, apalagi kondisi lapangan setelah diguyur hujan, menyulitkan pergerakan bola. Namun berkat satu gol Dian, tim kami bisa memenangkan laga dan menuju ke final untuk penentuan juara Liga 3 musim ini,” tutur Robby.

“Melawan Persijap, tentu akan sangat berbeda, mereka tim kuat, serta tak terkalahkan dalam tiga laga di wilayah timur. Tim ini akan tetap bermain dengan cara kami, saya sudah menengok sedikit bagaimana calon lawan kami bermain. Tentu akan kami perbaiki beberapa kesalahan yang telah kami lakukan. Kami tatap final nanti, tentu ingin juara,” lanjutnya.

Sementara itu, dua gol Persijap di cetak oleh Adam Aditya di menit ke-61 dan Ari Ridwan Maulana, pada menit ke-66. “Kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan, penampilan kami di grup wilayah Timur ini tak disangka, kami meraih poin sempurna. Terima kasih untuk tim ini, telah memberikan segala dalam setiap laga. kami menatap Final dan akan membuat sulit PSKC yang juga meraih juara di grup wilayah Barat,” ucap Sahala Marudut Tigor, pelatih kepala Persijap.

Tim juara dari wilayah Barat dan Timur ini akan bertemu di final yang akan tersaji di Stadion Pakansari, hari Minggu tanggal 29 Desember 2019. Empat tim lainnya otomatis lolos dan promosi ke Liga 2, sebab, enam tim diambil untuk promosi, menggantikan enam tim lain yang terdegradasi dari kompetisi Liga 2. Penentuan untuk juara Liga 3 akan dilaksanakan di Stadion ini. Laga tersebut juga sebagai penutup kompetisi PSSI tahun ini.

Hasil Laga Terakhir Babak 8 Besar Liga 3

Wilayah Barat:

- PSKC Cimahi 1-0 Persekat

  (Dian Sasongko 31')

- Persidi IDI 1-2 AS Abadi

  (Reza Rafika 55'), (Yoseph Ostanika Malau 10', 77')

 

Wilayah Timur:

- Persijap Jepara 2-0 Perseta Tulungagung

  (Adam Aditya 61', Ari Ridwan Maulana 66')

- Putra Sinar Giri 1-1 Persigo Semeru

  (Arjun Ariyanto 10'), (Rizky Dwi Pangestu 87' Penalti)