Persib Bandung Juara Baru Mola Elite Pro Academy U-16 2022

Persib Bandung U-16 sukses merebut titel sebagai juara baru Mola Elite Pro Academy U-16 tahun 2022 dari juara tahun lalu, PSM Makassar, pada laga yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/10).

Maung Ngora menjadi juara setelah meraih kemenangan 1-0 atas Persija Jakarta pada pertandingan final, lewat gol Violano Januar di menit ke-33'.

Dibalik kemenangan itu, sebelum laga dimulai, pelatih mereka, Asep Rahmat Saputra mengungkapkan, "Saya tanya pemain, apakah mereka mau menangis bahagia atau merunduk? Kami sudah pernah menang dan kalah di kompetisi ini. Itu menjadi pelajaran. Dalam tim, harus ada kebersamaan, disiplin, peduli dan intinya main dengan hati. Alhamdulillah, anak-anak mengikuti," katanya setelah laga.

Asep dan timnya tak berlama-lama merayakan juara karena berempati atas tragedi yang terjadi pascalaga Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu 1 Oktober 2022 kemarin. 

"Turut berduka cita untuk tragedi yang dialami suporter di Kanjuruhan. Atas nama kami di Persib, saya sampaikan duka cita. Sepak bola Indonesia harus lebih baik lagi mulai dari pemain suporter dan juga manajemen. Semoga ada pelajaran dan hikmah di balik semua ini," harapnya.

Selain pencapaian itu, Eriko Sulastiano melengkapi pesta juara Persib U-16 dengan memborong gelar pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak Mola Elite Pro Academy U-16 2022.

Eriko mengoleksi 12 gol di kompetisi ini. "Saya bersyukur dan senang bisa membawa tim menjadi juara dan juga menjadi topskor di sini. Ini juga karena teman-teman. Utamanya ini buat orang tua saya," kata anak pasangan Sukono dan Yusi Sulastri ini.

Persib juga menyabet gelar lain, yaitu pelatih terbaik dan Akademi terbaik untuk kompetisi Mola Elite Pro Academy U-16 musim tahun 2022 ini.

Daftar Peraih Gelar di Mola Elite Pro Academy U-16 2022

Juara : Persib Bandung 

Runner-Up : Persija Jakarta 

Peringkat ketiga : Dewa United FC

Top Skor : Eriko Sulistiano (Persib Bandung)

Pemain Terbaik : Eriko Sulistiano (Persib Bandung)

Pelatih Terbaik : Asep Rahmat Saputra (Persib Bandung)

Akademi Terbaik : Persib Bandung

Tim Fairplay : Persija Jakarta 

Wasit Terbaik : Habib Ferdiansyah (Jakarta Timur)