Ketum PSSI Apresiasi Pelatihan Manajemen Suporter Sepak bola

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengapresiasi kegiatan ‘Pelatihan Manajemen Suporter Sepak bola’ yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) bersama PSSI. Acara tersebut berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta dari tanggal 13 hingga 16 Juli 2020.

Beberapa perwakilan suporter datang di acara yang tentu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Perwakilan suporter diantaranya The Jakmania, Viking, SFC Mania dan lain-lain, selain itu acara ini juga dapat disaksikan secara virtual melalui zoom.  

“Terima kasih kepada Kemenpora yang telah bekerja sama dengan PSSI untuk membuat acara yang bagus ini. Insya Allah kedepan bisa dilakukan lagi. Suporter di Indonesia sangat luar biasa dan merupakan bagian terpenting dari sepak bola , tanpa mereka sepak bola terasa hambar,” kata Mochamad Iriawan.  


Ketum PSSI pada Selasa (14/7/2020) memberikan materi serta paparan kepada para peserta yang ikut acara ini. Para peserta diberikan materi diantaranya terkait visi misi Ketua Umum PSSI terutama terkait upaya merangkul suporter sebagai elemen penting sepak bola Indonesia. Selain itu terkait menyongsong Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia menjadi tuan rumah,  kelanjutan kompetisi, dan lain-lain.

“Kami ingin jangan ada lagi korban jiwa dari suporter di kompetisi liga di Indonesia. PSSI juga telah membentuk divisi pembinaan suporter dan fans engagement yang telah melakukan berbagai pertemuan dengan kelompok suporter. PSSI tentu butuh dukungan, saran maupun kritik dari suporter untuk kemajuan sepak bola Indonesia,” tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.



“PSSI pada bulan Oktober nanti berencana akan kembali melanjutkan kompetisi Liga 1 dan 2 2020. Dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, kemungkinan besar kompetisi berjalan tanpa bisa disaksikan penonton secara langsung. Untuk itu kami mohon kerja sama dengan para suporter agar tidak datang ke stadion, tidak melakukan nonton bareng saat mendukung tim kesayangannya. Hal ini demi memutus penyebaran Covid-19, cukup dengan dukungan di rumah atau lewat media sosial untuk mendukung tim kesayangan masing-masing,” tambahnya.

Selain materi dari Ketua Umum PSSI, para peserta Pelatihan Manajemen Suporter Sepak bola juga mendapat materi Statuta PSSI, Kode Disiplin PSSI, Safety dan Security, pengembangan Direktorat PSSI, Law of The Game terbaru, Match Regulation terutama penyesuaian saat era new normal.