Workshop Club Licensing 2017, Demi Lisensi Dari AFC

 

PSSI dan Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar Workshop Club Licencing 2017 di Hotel Parklane, Jakarta, Minggu (7/5). Acara ini diikuti seluruh perwakilan klub Liga 1. 

Worshop ini merupakan  sosialisasi regulasi AFC club Licensing dan syarat bagi seluruh klub untuk mendapat lisensi dari AFC harus memenuhi syarat dan kelengkapan dokumen untuk 5 aspek dari AFC Licencing yaitu aspek sporting, infrastruktur, personil (SDM) dan administrasi, legal dan financial. Selain itu juga dilakukan training penginputan data kedalam sistem yg terkoneksi dengan AFC dan PSSI

Manager Licencing Club Departement, Tigor Salamboboy mengatakan proses pemberian lisensi ini sebelumnya rutin dilangsungkan, namun tertunda karena masalah yang terjadi di kompetisi Indonesia.

"Jadi kami mengundang 18 klub Liga 1 sebagai kandidat untuk mengikuti proses lisensi yang setelah dua tahun tidak kami lakukan. Lisensi proses ini merupakan salah satu hal yang diminta oleh AFC kepada seluruh member asosiasi termasuk Indonesia melalui PSSI," kata Tigor.

"Yang dimana hasil dari lisensi proses ini adalah terbitnya lisensi sebagai persyaratan untuk ikut kompetisi di AFC. Jadi di 2018 nanti ada dua kompetisi yang akan diikuti yaitu AFC Championship dan AFC Cup," sambungnya.

"Posisi Indonesia per hari ini sudah mendapatkan satu slot play off AFC Championship dan dua slot grup stage di AFC Cup yang sebenarnya slot ini harusnya Indonesia sudah punya hak untuk ikut di kompetisi AFC 2017 ini. 

AFC sendiri memberikan tenggat waktu agar klub Indonesia mengajukan seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisensi klub profesional AFC dimulai 1 April 2017 dan ditutup pada 31 Oktober 2017.

"Kita juga memberikan pengertian tentang hal itu kepada 18 klub yang akan mengikuti proses lisensi ini bahwa kalau misalnya ada klub yang jadi juara tapi dia tidak punya lisensi, maka klub itu tidak bisa berlaga di kompetisi AFC tahun depan. Kalau sebelumnya persyaratannya hanya untuk di AFC Championship, tapi mulai tahun ini AFC memberlakukan persyaratan itu untuk di AFC Cup," tambahnya.

Berita terkait