Vietnam Kejutkan Malaysia

Laga pembuka Sepak Bola Pantai Piala AFF 2018 yang digelar di Pantai Benoa Bali, Minggu (18/11),  dihiasi kejutan. Malaysia yang merupakan juara bertahan harus menerima kekalahan 2-3 atas Vietnam. Sementara itu, Thailand mesti bersusah payah mendapatkan kemenangan 4-1 dari Timor Leste.

Tim sepak bola pantai Malaysia sebenarnya menguasai jalannya pertandingan sejak awal laga. Terbukti gol yang diciptakan Mohd Riduwan pada menit ke-4 membuat seluruh tim berjuluk Harimau Malaya tersebut bersorak.

Vietnam sempat menyamakan kedudukan pada menit 11, namun semenit kemudian Malaysia kembali unggul.

Keadaan berubah pada babak kedua. Vietnam mampu bermain sangat efektif dan berhasil membalikan kedudukan lewat gol Nguyen Min Thong dan Bui Tran Tuan Anh.

Selepas unggul, Vietnam hanya mengandalkan serangan balik dan di saat bersamaan sang kiper Nguyen Ahn Quang mampu tampil ciamik lewat penyelamatan-penyelamatan krusial di babak ketiga.

Pada akhir laga, pelatih Malaysia Wan Adremy mengakui bahwa semua tim memiliki kans yang sama pada turnamen ini.

"Seperti yang saya katakan pada sesi konferensi pers pra turnamen kemarin, laga tadi jadi bukti setiap tim punya kans. Tim tadi telah berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Dan terlepas dari itu, ini jadi bahan evaluasi untuk laga selanjutnya," kata Wan.

Pelatih Vietnam Le Vantu mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya dan tidak ingin terlena selepas kalahkan unggulan. "Saya terima kasih pada semua pemain. Kita akan langsung fokus untuk menghadapi laga selanjutnya. Indonesia tim yang bagus, dan kita harus waspada, apalagi mereka main di hadapan suporternya," ungkapnya.

Timor Leste sulitkan Thailand

Pada laga lainnya, meskipun menang 4-1, Thailand harus bersusah payah menghadapi Timor Leste yang kerap membahayakan gawang mereka.

Gol Thailand didapat berkat gol kreasi Kittin Loruanad, Tanandon Praracha, dan gol bunuh diri Jose Oleviera. Sementara Timor Leste hanya mampu ciptakan sebuah gol lewat Emilio Da Silva.

Pelatih Thailand Abol Fazl mengungkapkan, penampilan anak-anak asuhnya tidak sesuai dengan harapannya meskipun mendapatkan hasil positif.

"Dalam sepak bola, ada dua hal saat laga: lawan yang bermain menyesuaikan apa yang kita terapkan atau kita yang menyesuaikan diri dengan permainan lawan. Laga tadi kita ada di sisi kedua. Namun biarkan ini jadi pelajaran bagi pemain," kata Abol.

Di sisi lain, pelatih Timor Leste memuji penampilan anak asuhannya yang tampil agresif. "Kita memang kalah pengalaman dan hanya punya persiapan 2 minggu, tapi penampilan anak-anak telah bikin saya bangga. Mereka bermain lepas dan terus bahayakan lawan," kata Joao Campos.

Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018 akan memasuki hari laga kedua besok yang menampilkan Timor Leste kontra Malaysia dan Vietnam versus Indonesia. Kedua laga tersebut akan kembali digelar di Pantai Tanjung Benoa mulai pukul 15.30 dan 16.45 WITA.