Turnamen ePiala Indonesia 2021 Dimulai

Turnamen ePiala Indonesia 2021 telah menyelesaikan babak kualifikasi grup. Sebanyak 48 pertandingan di fase grup telah dimainkan di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta pada Kamis (1/4) dan diikuti oleh 48 pemain. 

Turnamen yang sebelumnya dibuka secara simbolis oleh anggota komite eksekutif PSSI, Vivin Cahyani Sungkono bersama Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita ini berlangsung seru dan kompetitif.

Sebanyak 48 pemain yang ada pun dibagi menjadi 16 grup. Masing-masing grup terdapat tiga pemain yang akan bersaing untuk menempati puncak grup untuk dapat lolos ke babak 16 besar. Adapun mode permainan yang dipakai pada fase kualifikasi ini ialah mode 90 overall (OVR) dan dimainkan secara offline dengan menggunakan PlayStation 4, dimana masing-masing pemain harus menghadapi dua pertandingan di fase grup dengan durasi setiap pertandingan selama 30 menit secara bergantian.

Dan 16 pemain dipastikan lolos ke babak 16 besar, sementara 32 pemain lainnya dipastikan gugur dan tidak bisa melaju ke fase selanjutnya. Meski langkahnya terhenti, salah satu pemain yang berpartisipasi Robert Hanafi sangat antusias dengan turnamen ePiala Indonesia ini.

“Sayang sekali langkah saya harus terhenti di babak kualifikasi ini, sedikit kecewa karena salah satu lawan saya tidak hadir sehingga saya dan salah satu rival di grup yang sama harus melakukan koin tos untuk menentukan siapa juara grup. Namun apapun hasilnya, saya menghormati hasil pertandingan karena ini adalah turnamen yang sangat bagus untuk mencari pengalaman, apalagi banyak pemain pro yang ikut berpartisipasi juga,” ungkap Robert.

Hal yang sama diakui oleh salah satu pemain asal Jawa Barat Abdul Rozak Ramadhani Rahman. Rozak mengapresiasi gelaran turnamen ePiala Indonesia yang berjalan sangat kompetitif di hari perdana penyelenggaraannya. “Gelarannya seru karena sudah lama tidak ada event esport sepakbola resmi yang dimainkan secara offline. Sudah lama tidak ikut kompetisi jadi rasa gugup ketika akan bertanding terasa kembali. Saya sangat bersemangat ikut kegiatan ini karena sebelumnya belum ada kompetisi resmi yang berkaitan langsung dengan FIFA, jadi menambah semangat positif untuk kami para pemain yang ikut bertanding,” kata Abdul Rozak. 

Turnamen ePiala Indonesia akan berlanjut di hari kedua pada Jumat (2/4) besok. Pemain yang masuk ke babak 16 besar akan menjalani turnamen secara online dengan menggunakan mode permainan FIFA Ultimate Team (FUT), kedua pemain akan dihadapkan dengan sistem home dan away. Babak 16 besar akan disiarkan secara langsung di akun Youtube dan Facebook resmi PSSI.

Berikut daftar nama pemain yang lolos ke babak 16 besar:

Abdul Rozak Ramadhani Rahman- Jawa Barat
Alifan Adil Sasongko - DKI Jakarta
Ananda Reno Andi Bahar - DKI Jakarta
Fachry Fitrian Bakrie - DKI Jakarta
Fahmi Husaeni - Banten
Guntur Wicaksono - DKI Jakarta
I Ketut Arta - Bali
Kevin Nauval Firmansyah - Jawa Barat
Muhammad Ikhsan - DKI Jakarta
Moehamad Zulisar - DKI Jakarta
Muhamad Dzaky Firdaus - Sulawesi Selatan
Nyoman Tri Laksana Putra - Bali
Pugu Mujahid Mantang - DKI Jakarta
Rhomzy Oesman-DKI Jakarta
Sameer Ali - Jawa Barat
Tri Aji Setiyawan - Jawa Barat