Timnas Wanita Terus Bekerja Keras

Timnas Wanita Indonesia menjalani sesi recovery di selasar gym Hotel Ibis, Jakarta pada Sabtu (20/03) petang. Sesi  ini merupakan rangkaian pemulihan yang dilakukan skuat Garuda Pertiwi setelah pada Jumat (19/03) malam Timnas menjalani laga uji coba kontra Lion Football Academy Cirebon.

Laga persahabatan yang berlangsung semalam dimainkan secara penuh selama 2x45 menit dengan menurunkan skuat U-18. Dipimpin langsung oleh pelatih kepala Rudy Eka Priyambada, Syafira Azzahra dan kawan-kawan unggul 10-0 di babak pertama, sebelum akhirnya menutup laga dengan kemenangan 14-0.

“Penampilan para pemain tadi malam memenuhi ekspektasi. Pola dan strategi untuk menekan lawan dijalankan dengan baik, meski ada aspek terkait pola serang yang harus diperbaiki lagi. Anak-anak sudah bekerja keras, sehingga hari ini kami lakukan pola recovery yang sedikit berbeda agar mereka tidak kaku dan tetap rileks,” kata Rudy Eka. 

Pada sesi recovery active, para pemain diberikan manteri berupa kelas Zumba dan Yoga dengan diiringi musik. Sesi ini baru pertama kali diterapkan oleh tim pelatih setelah kurang lebih dua pekan menggelar seleksi dan pemusatan latihan.

“Setelah melewati latihan intens sepanjang pekan, di akhir pekan ini tidak ada materi yang diberikan di lapangan. Pemain hanya fokus melakukan pemulihan dimulai dengan beristirahat di hotel, melakukan ice bathing dan r diakhiri dengan kelas Zumba dan Yoga di sore hari. Ini dilakukan agar pemain tetap aktif di waktu senggang atau bahkan hari libur. Para pemain tidak boleh hanya tidur, tetapi terus bergerak,” tambah Rudy.


Pada sesi recovery active, para pemain melakukan sesi Zumba dan Yoga dipandu oleh instruktur, dimana pola gerakan yang diberikan dimulai dengan gerakan statis kemudian aktif mengikuti irama lagu. Para pemain pun terlihat rileks dan menikmati jalannya sesi Zumba dan Yoga selama 90 menit.

“Tadi sesi recoverynya menyenangkan ya, saya dan teman-teman menikmati sesi latihan hari ini karena kami sudah berlatih secara intens sepanjang minggu. Ada gerakan-gerakan yang susah sekaligus lucu saat diperagakan oleh instruktur, tapi semua berjalan dengan lancar dan semua menikmati sesi ini,” ujar Firanda. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap pemain dan ofisial timnas wanita terus semangat dan bekerja keras selama pemusatan latihan.

“Hingga saat ini pemusatan latihan belum ada kendala berarti, semuanya masih lancar. Variasi latihan juga diberikan tim pelatih seperti latihan yoga. Tim ini juga masih ada sejumlah agenda uji coba ke depannya. PSSI memberikan target kepada timnas wanita meraih prestasi di SEA Games 2021,” kata Iriawan.

“Alhamdulillah saya mendapat laporan dari pelatih bahwa para pemain timnas wanita mengalami peningkatan seperti fisik, disiplin, mental, stamina, taktik dan lain-lain. Performa mereka juga makin membaik seusai sebelumnya sudah menjalani internal game,” tambahnya.

TC Timnas wanita ini akan tetap berlangsung di Jakarta hingga 31 Maret mendatang, dimana seleksi dan pemusatan latihan  diikuti oleh 38 pemain ini merupakan persiapan jangka panjang menuju SEA Games 2021 yang nantinya akan digelar di Vietnam.