Timnas Wanita Terus Alami Peningkatan

Tim nasional Wanita Indonesia menjalani laga uji coba melawan tim putri Bina Sentra Cirebon Putri, di Lapangan D, komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Rabu (17/3) petang. Pada uji coba kali ini skuat Garuda Pertiwi menang telak dengan skor 15-0.

Bermain penuh selama 2x45 menit, pelatih timnas Wanita Rudy Eka Priyambada menurunkan skuat terbaik dengan kombinasi pemain senior pada laga ini. Adapun beberapa nama senior seperti Norffince Boma, Carla Bio Pattinasarany, Insyafadya Salsabillah serta Zahra Muzdahlifah langsung diturunkan pada babak pertama.

Tak butuh waktu lama bagi Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan untuk menciptakan keunggulan. Pada menit ke-3 Reva Octaviani sukses membawa Timnas Unggul 1-0. Tak hanya memimpin 1 angka, skuat polesan Rudy Eka ini terus menerus mencetak angka melalui Baiq Amiatuh, Carla Bio Pattinasarany dan Zahra Muzdalifah hingga timnas unggul 9-0 atas Bina Sentra Cirebon di paruh pertama.

Pada babak kedua skuat Garuda Pertiwi tak mengendorkan serangan. Carla Bio yang mencetak hattrick diikuti Zahra Muzdalifah yang mencatat quattrick lagi-lagi menggempur pertahanan tim tamu hingga kebobolan 6 angka di babak kedua. Timnas Wanita pun menang telak 15-0.



Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang hadir menyaksikan permainan Timnas Wanita pun mengapresiasi kerja keras tim yang kini tengah menjalani seleksi dan pemusatan latihan untuk proyeksi SEA Games 2021 ini.

“Hari ini saya senang sekali bisa berkumpul bersama-sama dengan anak-anak saya di timnas wanita. Sebagai ayah bagi kalian, saya sangat bangga atas kerja keras kalian. Saya harap kalian tetap fokus dan latihan terus. Perbaiki mental, jangan mudah menyerah, jangan berbohong, disiplin dan selalu berjuang dalam kebersamaan supaya kita bisa menang dalam setiap pertandingan” ungkap Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa dirinya terus memantau perkembangan Timnas Wanita dan terus mendukung skuat Garuda Pertiwi yang dalam setahun ini akan menghadapi beberapa turnamen fan agenda, termasuk gelaran SEA Games 2021.

“Saya sudah melihat bagaimana permainan kalian melalui video maupun secara langsung. Pelatih sudah memberikan laporan tentang progres kalian dan saya selalu optimis dengan perkembangan kalian. Saya akan selalu mendukung dan berada bersama-sama kalian. Selamat berjuang dan berlatih,” tutup Iriawan.

Sementara itu, pelatih Rudy Eka Priyambada mengaku terus melihat perkembangan yang signifikan terhadap para pemain timnas wanita. Dirinya mengapresiasi kerja sama antar pemain, namun belum merasa puas dengan pencapaian hari ini.
 
“Pada game kali ini saya ingin melihat kemampuan pemain dimana yang diutamakan ialah mereka mengerti prinsip bermain. Fisik mereka juga harus bisa mengimbangi untuk permainan selama 90 menit dengan main tanpa pressing. Pressingnya tetap dijaga. Itu yang saya lihat hari ini,” ungkap Rudy.



Rudy menambahkan dirinya masih terus memantau para pemain agar bisa bermain pintar ketika berada di lapangan. “Secara permainan belum memuaskan karena lawan yang dihadapi tidak memberikan pressing yang tinggi. Tapi pemain sudah menunjukkan progres dan terimakasih untuk Pak Ketua Umum PSSI yang sudah melihat anak-anak bermain hari ini” tutup Rudy.

Setelah menjalani pertandingan hari ini, para pemain akan menghadapi pertandingan lain pada Jumat (19/3) mendatang. Pelatih Rudy Eka akan memberikan kesempatan bagi para pemain U-18 untuk unjuk gigi di laga internal nanti.

“Semoga lawan nanti merupakan tim bisa bermain lebih baik dari tim lawan hari ini dan mereka bisa memberikantekanan bagi para pemain. Hal ini penting supaya tim bisa memecahkan situasi dalam pertandingan” tukas Rudy.