Timnas Wanita Menang Telak Lawan Arema FC

Timnas Wanita Indonesia menjalani laga uji coba melawan tim putri Arema FC di lapangan Nirwana Park, Sawangan, Depok pada Minggu (12/9). Bermain penuh selama 45 menit, skuad Garuda Pertiwi menang dengan skor akhir 4-0.

Pada babak pertama pelatih Rudy Eka menerapkan formasi yang berbeda. Dengan formulasi yang beda, skuat Garuda Pertiwi tampil menekan sejak awal laga. Gempuran serangan Baiq Amiatun dan Dewi Tia di awal babak membuat pertahanan Arema goyah. Ade Mustikiana dan kawan-kawan membuka keunggulan melalui titik putih melalui sepakan Dewi Tia pada menit 14. Pada menit 32, Dewi Tia kembali mencatatkan namanya di papan skor hingga Timnas Wanita unggul 2-0 yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua pelatih Rudy Eka melakukan rotasi pemain hingga semua pemain diturunkan. Tak menurunkan tempo serangan, pada babak kedua ini Timnas kembali menambah dua angka tambahan, yakni masing-masing melalui heading Ade Mustikiana pada menit ke 54 dan tendangan penalti Insyafadya Salsabillah pada

“Di pertandingan hari ini kami ingin melihat bagaimana para pemain mengerti konsep permainan seperti apa yang kita inginkan. Poin bagus adalah para pemain bisa keluar dari tekanan dan sudah ada progres dari segi permainan. Meski tentu ada hal yang perlu dimaksimalkan lagi seperti transisi dari menyerang ke bertahan. Tinggal fokus ke finishing dan set pieces,” ungkap pelatih Rudy Eka Priyambada. 

Sementara pemain bertahan Timnas Wanita Riri Junian Nella mengatakan bahwa permainan tim hari ini sudah baik, meski ada beberapa hal yang perlu diperbaiki lagi. “Hari ini kami menghadapi tim putri Arema FC dan ini menjadi kali kedua kami menghadapi tim putri dari total tiga kali uji coba. Permainan sudah baik dan tanpa beban, hanya perlu ketenangan lagi dalam mengantisipasi tekanan dan serangan dari lawan” ujar Riri. 

Setelah beberapa hari berlatih di lapangan Nirwana Park, Sawangan, Garuda Pertiwi akan kembali berlatih di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Timnas Wanita akan menghadapi satu uji coba lagi kontra tim putri PON Jawa Barat pada 15 September di Lapangan Merpati, Depok. Skuat Garuda Pertiwi akan bertolak ke Tajikistan dan menghadapi Singapura di laga kualifikasi Piala Wanita Asia 2022 pada 24 dan 27 September 2021. Keduanya tergabung di grup C dan akan menjalani dua leg pertandingan.