Timnas Wanita Jalani Latihan di Lapangan Sintetis

Timnas Wanita Indonesia menjalani sesi latihan di lapangan komplek Nirwana Park, Sawangan, Depok pada Kamis (9/9). Ada hal berbeda dimana sesi latihan skuat Garuda Pertiwi kali ini digelar di lapangan sintetis.

Masih dipimpin oleh pelatih kepala Rudy Eka Priyambada, sesi latihan yang dimulai sejak pukul 18.00 WIB berlangsung selama dua jam, dengan beberapa materi terkait pola bertahan dan transisi. Sesi latihan di lapangan sintetis hari ini menjadi hari perdana bagi Ade Mustikiana dan kawan-kawan untuk dapat beradaptasi dengan rumput sintetis, setelah kurang lebih sepekan latihan digelar di Stadion Mini Cibinong.

“Hari ini kami berlatih di lapangan sintetis. Hal ini dilakukan sebagai bentuk adaptasi. Tentu ada perbedaan-perbedaan seperti kecepatan bola di atas lapangan hingga sepatu yang digunakan para pemain. Adaptasi ini terkait penyelenggaraan kompetisi kualifikasi Piala Wanita Asia di Tajikistan nanti dimana kami akan bertanding di lapangan sintetis juga,” ujar Rudy Eka. 

Setelah menjalani sesi latihan pagi dan sore hari selama satu pekan di Bogor, sejak hari ini skuat Garuda Pertiwi akan fokus berlatih di sore hari dengan berpindah lapangan latihan di Sawangan, Depok. Hal ini terkait dengan penyesuaian atmosfer pertandingan, dimana pada laga kualifikasi Piala Wanita Asia nanti, Timnas Wanita akan bermain di malam hari dengan menggunakan rumput sintetis.

Pada hari pertama penyelenggaraan latihan di Sawangan, salah satu bek timnas wanita, Shalika Aurelia merasakan perbedaan saat berlatih di lapangan sintetis hari ini. “Jujur pertama kali dipanggil memperkuat Timnas beberapa tahun lalu, saya sudah bermain di lapangan sintetis di sini dan tidak diragukan kualitasnya bagus. Yang pasti bola bergerak lebih cepat, tapi ini bagus untuk adaptasi karena nanti kita akan bertanding dengan kondisi lapangan seperti ini,” tutup Shalika. 

Timnas Wanita masih dalam persiapan menghadapi laga babak kualifikasi Piala Wanita Asia yang akan berlangsung pada 24-27 September nanti di Tajikistan. Skuat Garuda Pertiwi hanya akan melakukan satu sesi latihan di lapangan sintetis, Kompleks Nirwana Park, Sawangan, Depok yakni pada sore hari, sebelum bertolak ke Tajikistan pada 18 September mendatang. Skuat Garuda Pertiwi tergabung di grup C hanya bersama Singapura, setelah dua calon lawan yakni Korea Utara dan Irak memutuskan mundur dari kompetisi.