Timnas Wanita Ditahan Imbang Tim PON Jabar

Timnas Wanita Indonesia menghadapi Tim Putri PON Jawa Barat dalam laga uji coba di Stadion Merpati, Depok, pada Rabu (15/9) . Skuad Garuda Pertiwi dan PON Jawa Barat menutup laga dengan skor imbang 2-2.

Dengan rileks dan tanpa beban, Garuda Pertiwi bermain dengan penuh koordinasi. Bahkan kesempatan untuk menciptakan gol tercipta sejak awal babak pertama melalui striker Timnas, Baiq Amiatun. Beberapa peluang akhirnya berhasil berbuah gol, setelah sundulan Baiq Amiatun pada menit 28 berhasil bersarang ke gawang PON Jabar setelah menerima umpan dari Sabrina Mutiara. Skor 1-0 menutup paruh pertama.

Pada babak kedua, kedua juru taktik tim mulai melakukan pergantian pemain. Aksi jual beli serangan tercipta hingga tempo permainan semakin tinggi di babak kedua. Pada menit 57, giliran PON Jabar yang menyamakan kedudukan. Aksi striker PON Jabar, Hanipa Halimatusyadiah berhasil menjebol gawang skuat Garuda Pertiwi yang dikawal ketat Riska Aprilia. Bahkan 2 menit berselang, Hanipa kembali berhasil mencatatkan namanya di papan skor dan membawa tim PON Jabar unggul 2-1.

Tak butuh waktu lama bagi Timnas Wanita untuk menyamakan kedudukan. Pada menit 61, Rani Mulyasari berhasil menambah satu angka melalui tendangan bebas hingga membawa skuat Garuda Pertiwi imbang 2-2 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

“Saya cukup puas dengan pertandingan hari ini, apalagi Tim PON Jawa Barat memberikan tekanan kepada para pemain di sepanjang laga. Para pemain hari ini menghadapi tim yang sudah memiliki chemistry yang kuat, karena persiapan tim Jabar sudah satu setengah tahun sebelum menghadapi PON. Meski berakhir imbang, tetap harus ada beberapa poin yang dievaluasi, apalagi di babak kedua para pemain terlalu terburu-buru dalam mengantisipasi bola,” ujar pelatih kepala Rudy Eka Priyambada.

Rudy menambahkan bahwa uji coba yang dijalani ini begitu penting bagi anak-anak asuhannya, terutama mempertajam fokus fan konsentrasi selama berjalannya laga. “Uji coba ini bagus untuk tim, karena dari laga ini anak-anak bisa belajar lebih lagi saat menghadapi tim lawan yang secara kemampuan merata. Jadi, konsentrasi dan fokus pemain harus ditingkatkan lagi selama 90 menit penuh” tutup Rudy Eka.

Hal yang sama diakui oleh striker Timnas Wanita Baiq Amiatun. Ami yang mencetak gol pembuka Timnas hari ini mengaku masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus ditingkatkan menyangkut konsentrasi para pemain. “Hari ini kami bermain cukup tenang saat menghadapi Tim Putri PON Jabar. Sayangnya karena terlalu tenang, kami bermain kurang mati-matian. Dalam arti masih ada celah yang dimanfaatkan lawan untuk bisa menembus pertahanan tim. Kolektivitas bermain sudah ada namun perlu ditingkatkan lagi” ujar Ami.

Uji coba melawan Tim Putri PON Jabar menjadi uji coba terakhir Timnas Wanita sebelum bertolak ke Tajikistan. Selama pemusatan latihan (TC) sejak 30 Agustus 2021 lalu, skuat Garuda Pertiwi telah mengikuti tiga laga uji coba, yakni kontra klub lokal putri Princess Wijaya Saputra Subang, SSB Gapura Bogor, dan Tim putri Arema FC, dengan mencatat 2 kemenangan kontra tim putri dan 1 kekalahan kontra tim putra.

Timnas Wanita masih dalam persiapan  menghadapi laga babak kualifikasi Piala Wanita Asia yang akan berlangsung pada 24-27 September nanti di Tajikistan. Ade Mustikiana dan kawan-kawan akan bertolak ke Tajikistan pada 18 September mendatang. Skuat Garuda Pertiwi tergabung di grup C hanya bersama Singapura, setelah dua calon lawan yakni Korea Utara dan Irak memutuskan mundur dari kompetisi.