Timnas U-23 Raih Posisi Ketiga Piala Merlion 2019

Tim Nasional Indonesia U-23 meraih posisi ketiga Piala Merlion 2019. Kepastian ini setelah skuat Garuda Muda meraih kemenangan telak dengan skor 5-0 atas Filipina, di Stadion Jalan Besar, Singapura Minggu (9/6). Lima gol Timnas U-23 dicetak lewat hattrick Muhammad Rafli pada menit ke 5',59', 67', Rizky Dwi menit ke-47, dan Asnawi Mangkualam menit ke-73.

Pada awal laga Indonesia langsung menggempur pertahanan Filipina sejak awal mampu mencuri gol cepat lewat Rafli. Sisiran cepat Sani Riski Fauzi dari sisi kanan untuk mengirimkan umpan disambut Muhammad Rafli dengan cekatan untuk menjadi gol pada menit ke-6.

Gelombang serangan dari anak-anak Garuda Muda terus mengalir ke pertahanan Filipina. Tapi seakan tidak beruntung, karena berulang kali juga mistar gawang menggagalkan peluang dari Muhammad Rafli, hingga Gian Zola, yang tampil agresif di laga ini. Skor 1-0 bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Pada babak kedua masih menjadi milik Indonesia, gol kembali diciptakan kali ini melalui titik putih. Rizky Dwi Febrian yang menerobos kotak penalti harus dijegal, penalti pun ia eksekusi sendiri dengan mantap dan membawa Indonesia unggul 2-0.

Dua gol berikutnya menjadi aksi ketajaman Rafli, yang pada babak pertama membuka gol untuk Indonesia. Pemain milik Arema FC itu menuntaskan umpan rekannya dengan tenang, cukup dengan satu sentuhan, yang berujung menjadi gol.

Skor 4-0 belum cukup untuk anak-anak arahan pelatih Indra Sjafri, mereka masih terus memberikan tekanan melalui beberapa wajah baru yang dimainkan pada babak kedua. Gol penutup akhirnya diciptakan oleh Asnawi Mangkualam. Skor pun menjadi 5-0, sekaligus menutup laga ini.

Selanjutnya Timnas U-23 akan kembali pulang ke Indonesia pada Senin (10/6) besok dan langsung melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Bali hingga 15 Juni mendatang. Ajang Piala Merlion 2019 ini tentu menjadi bekal berharga Andy Setyo dan kawan-kawan jelang mengikuti SEA Games bulan November mendatang.

*Foto-foto dari Flona Halim