Timnas U-16 Selesaikan TC Periode Pertama

Tim Nasional U-16 Indonesia menyelesaikan pemusatan latihan atau training centre (TC) periode pertama di Stadion Atang Sutresna Cijantung, Sabtu (27/1). Tim polesan pelatih Fakhri Husaini ini akan melanjutkan TC periode kedua pada pertengahan Februari mendatang.

Pada hari terakhir TC periode pertama timnas Indonesia kembali menjajal kemampuan tim dengan melawan tim PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan olahraga Pelajar) DKI Jakarta. Timnas masih banyak pekerjaan rumah karena masih banyak kelemahan yang harus ditutup. Kekalahan 3-4 dari PPLP DKI menjadi salah satu bahan evaluasi.

“Secara permainan, apa yang ditunjukkan oleh anak-anak tadi cukup bagus, banyak peluang yang bisa kami ciptakan. Namun setelah melakukan banyak pergantian pemain di babak kedua, kami mampu mencetak gol. Hanya saja di menit-menit terakhir mereka kehilangan konsentrasi, sehingga tim kami mengalami kekalahan,” tutur Fakhri.

“Di babak pertama saya harus akui jeleknya koordinasi di lini belakang dan lemahnya penyelesaian akhir membuat permainan kami tidak berkembang, makanya kami kalah,” tambahnya.

Permasalahan utama dalam laga uji coba terakhir ini banyaknya peluang yang tidak bisa dikonversikan menjadi sebuah gol. "Ini yang akan kami evaluasi di TC berikutnya. Terutama di empat aspek (fisik, teknik, taktik dan mental) itu yang akan terus kami latih dan perbaiki,” sebut Fakhri.

Berbicara mengenai pemain baru, Fakhri Husaini mengungkapkan ada satu nama yang paling menonjol, karena bisa berperan selama 2x90 menit dalam satu pertandingan. “Dari nama-nama baru, ada beberapa nama yang bisa menjadi ancaman tempat untuk pemain lain. Seperti Muhammad Talaohu. Dia bisa bermain sepanjang pertandingan, itu yang saya perlukan dari seorang pemain,” katanya.

Usai ini, para pemain tim nasional U-16 akan dipulangkan terlebih dahulu ke tempat mereka masing-masing, untuk selanjutanya di bulan Februari akan melanjutkan pemusatan latihan periode kedua.

Tim ini akan menjalani jadwal padat di beberapa kali pertandingan. Seperti, Turnamen Jenesys (The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth) di Jepang yang rencananya akan digelar pada tanggal 6 – 15 Maret 2018. Kemudian piala AFF U-16 2018 30 Juli – 11 Agustus 2018  dimana Indonesia sebagai tuan rumah dan yang terakhir ada piala AFC U-16 2018 di Malaysia tanggal 20 – 30 September 2018.

“Target kami di piala Asia 2018. Masuk semifinal di gelaran tersebut dan menjadi empat besar, karena itu bisa membuka langkah kami ke pentas piala dunia. Selanjutnya, kami berencana menggelar TC periode kedua di minggu ketiga bulan Februari 2018. Kami masih akan terus mencari pemain baru lagi untuk TC berikutnya. Karena saya masih belum mendapatkan pemain pelapis tim utama,” tutup Fakhri.

Susunan Pemain Timnas U-16

Babak pertama
Kiper: Ahludz Dzikri
Belakang: Miftakhul Septa, I Made Riswanda, Muhammad Reza, M. Salman
Tengah: M. Talaohu, David Maulana, Hamsa Lestaluhu
Depan: M. Arya, M. Fajar, Miftahul Husyen

Babak kedua
Kiper: Ernando Ari
Belakang: Amirudin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadilah Nur Rahman, M. Salman
Tengah: M. Talaohu, Andre Oktaviansyah, Hamsa Lestaluhu
Depan: Amanar Abdillah, Sutan Zico, M. Supriadi