Timnas Sepakbola Pantai Indonesia Akui Keunggulan Jepang

Tim nasional sepakbola pantai Indonesia mengawali laga perdana yang kurang mulus, mereka harus mengakui keunggulan dari Jepang 0-7, pada ajang AFC Beach Soccer Asian Cup 2023, di Jomtien Beach Arena, Pattaya, Thailand, Jumat (17/3).

Memang bukan hal yang mudah untuk bisa mengimbangi atau bahkan menang di laga perdana ini, Jepang adalah runner up FIFA Beach Soccer World Cup tahun 2021. Selain itu, Jepang juga merupakan tim dengan gelar juara Piala Asia Sepak Bola Pantai terbanyak, 3 gelar sudah diraih tim Samurai Biru itu.

Di laga 12 menit yang dikalikan tiga babak itu, Jepang mendominasi jalannya laga. Hanya sesekali saja I Dewa Kadek Dwipayudha, dkk melakukan serangan namun tak juga menemukan sasaran atau membahayakan lawan. Alhasil, mereka harus mengakui kemenangan lawan di laga perdananya.

"Saya cukup puas, karena anak-anak bermain dengan instruksi pelatih. Apapun instruksi pelatih, walaupun kita kalah, tapi kita kalah pengalaman dari mereka," buka pelatih kepala tim, Ida Nyoman Mahayasa usai laga.

Di luar itu, Ida mengatakan pemainnya sudah banyak berkembang permainannya, jika dibandingkan saat turnamen sebelumnya (AFF Beach Soccer Championship tahun lalu).

"Walaupun kalah, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kita kalah pengalaman dari mereka. Tapi saya melihat spirit dan semangat para pemain sudah ditunjukkan tadi. Kita sisa dua pertandingan, mudah-mudahan bisa lebih baik dari hari ini," tuturnya.

Sementara itu, menurut I Dewa Kadek Dwipayudha pertandingan tadi sangat luar biasa. "Walaupun kita kalah, kita sudah bisa memberikan pertandingan yang maksimal untuk melawan Jepang, karena pertandingan ini merupakan pertandingan yang pertama bagi Indonesia dalam mengikuti ajang AFC," katanya.

Lawan berikutnya adalah Lebanon, sebagai pelatih kepala, Ida akan menginstruksikan pemainnya untuk tetap bermain maksimal. "Kami akan tetap berusaha main semaksimal mungkin. Siapapun lawannya, saya berusaha untuk mencuri poin di laga kedua dan ketiga nanti," tutupnya.

Laga Garuda Pantai melawan Lebanon akan tersaji di tanggal 19 Maret 2023 pukul 15.30 WIB.