Timnas Indonesia Semakin Menjanjikan

Tim Nasional Indonesia kembali mencetak tren positif, kali ini anak asuh Bima Sakti melibas Myanmar dengan skor 3-0 pada laga uji coba internasional (FIFA Match Day) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10) malam. Lewat permainan aktraktif, tiga gol skuat Garuda dicetak oleh Alberto Goncalves pada menit ke-13, dan dua gol Irfan Jaya menit ke-26, dan 40'.

Sebelumnya pada uji coba internasional 11 September lalu, Indonesia menang 1-0 atas Mauritius. Hasil ini tentu menjadi modal bagus Indonesia jelang menghadapi Piala AFF 2018 yang berlangsung pada 8 November hingga 19 Desember mendatang.

"Saya berterima kasih kepada semua pemain, mereka bekerja keras sepanjang laga. Gol-gol yang tercipta menegaskan kalau skenario permainan yang disiapkan saat latihan berjalan. Strategi permainan yang disiapkan merupakan hasil diskusi saya dengan Coach Luis Milla," kata Bima usai laga.

Bima juga memuji pemain-pemain baru. Mereka dinilai bisa beradaptasi cepat. Nama-nama pemain baru debutan pada laga ini adalah Esteban Vizscara dan Alfath Fathier. Selain itu, Abdul Rahman, Dedi Kusnandar dan Alfin Tuasalamony juga kembali bermain lagi bersama Timnas Indonesia di pertandingan ini.

"Pemain-pemain baru bisa memahami skenario permainan yang kami usung. Saya senang karena semua pemain yang turun ke lapangan menjalankan instruksi dengan baik. Untuk Altafh, dia menunjukkan performa bagus, menyerang dan bertahan. Semoga dia bisa lebih baik lagi untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Jadi stok full back kiri kita banyak pilihan yakni ada Alfath, Rizki Pora, Ricky Fajrin, Rezaldi, ini tentu sangat bagus. Rezaldi sengaja tidak kita pasang karena ada cedera tumit" tambah pelatih yang juga pemain Timnas Indonesia era 2000'an ini.

Sementara, Irfan Jaya mengaku dirinya tak menyangka mencetak dua gol pada laga ini dan bersyukur membawa Indonesia meraih kemenangan atas Myanmar. Dengan kemenangan ini tentu juga bisa membantu menaikkan peringkat Indonesia di ranking FIFA.

"Kemenangan ini karena kerja keras semua pemain. Selain itu dukungan suporter juga sangat membantu kami di laga ini. Meski begitu kami tetap masih ada yang harus diperbaiki di tim ini. Semoga lawan Hongkong kami menang lagi," kata Irfan.

Selanjutnya, Indonesia melakoni laga uji coba internasional dengan menjajal kekuatan Hong Kong. Pertandingan ini kembali dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti, pada 16 Oktober 2018. Laga uji coba ini juga bagian dari proses seleksi pemain di Piala AFF 2018. Hal ini karena hanya 23 pemain saja yang boleh dimainkan di ajang bergengsi antar negara ASEAN tersebut.