Tim U-23 Indonesia lawan Korea Selatan di Babak 8 Besar

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tim U-23 Indonesia masuk babak 8 besar Piala Asia U-23. Mereka lolos dari grup A usai menjadi runner-up.

Hanya kalah satu kali atas tuan rumah Qatar, namun bisa melenting balik dengan memberikan dua kali kemenangan melawan Australia dan Yordania. Menang 1-0 melawan Australia dan menang mutlak 4-1 dari Yordania.

Di babak delapan besar, Indonesia akan bertemu Korea Selatan yang menjadi pemuncak klasemen grup B. Pertemuan kedua negara ini terakhir terjadi di gelaran Piala Asia tahun 2007 dimana Indonesia menjadi tuan rumah dan angkatan Park Ji-sung, dkk masih aktif bermain. Kala itu Indonesia dengan Bambang Pamungkas, cs hanya kalah 0-1.

Untuk U-23, ini akan menjadi romansa tersendiri bagi STY yang di laga nanti menjadi pertandingan pertama melawan negara asalnya. Coach Shin juga sempat menukangi tim U-23 Korea Selatan pada 2015.

Fakta uniknya, ia berkesempatan berjumpa dengan Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Di laga itu, tim asuhan STY melumat timnas U-23 Indonesia 4–0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dan delapan tahun setelahnya, kini STY mencatat sejarah untuk Indonesia dengan lolos ke babak penyisihan di ajang perdananya.

Melawan mantan timnya di babak delapan besar Piala Asia U-23, usai lawan Yordania Shin Tae-yong mengakui punya rencana. “Usai menonton laga Jepang kontra Korea Selatan, saya akan mempersiapkan tim dengan baik sesuai kebutuhan,” katanya.

Namun sebelumnya dia lebih memilih melawan Jepang, namun kini faktanya dia harus melawan negaranya sendiri. “Saya lebih memilih Jepang U-23. Menurut saya akan, lebih baik bagi kami untuk menghadapi Jepang U-23 ketimbang Korea Selatan U-23,” terang Shin Tae-yong belum lama ini.

Laga partai delapan besar Piala Asia U-23 antara keduanya akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada 26 April 2024 pukul 00.30 WIB.