Tim U-20 Indonesia Dapat Pelajaran Berharga Lawan Turki

Tim U-20 Indonesia harus mengakui keunggulan Turki U-20 dengan skor 1-2 pada laga uji coba di Manavgat Atatürk Stadyumu, Turki, Rabu (26/10).

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Dony Tri Pamungkas pada menit ke-90+1. 

Seusai laga pelatih tim U-20, Shin Tae-yong mengatakan laga berjalan sengit. Ini jadi pelajaran penting bagi para pemain, sekaligus sedikit gambaran soal calon lawan dari Eropa yang bisa saja di hadapi di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"Memang hari ini kami kalah 1-2 dari Turki. Di babak pertama kami bermain cukup baik dan ini memang pertama pertandingan adaptasi melawan tim Eropa. Dari pertandingan hari ini memang beberapa pemain dapat menit bermain," kata Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu melihat masih ada banyak kekurangan dari tim. Lini depan kurang tajam dan juga lini pertahanan yang kecolongan saat Turki U-20 lakukan serangan balik cepat.

"Masalah memang dari penyerangan dan memang ada counter attack dari lawan yang harusnya kami siapkan antisipasi dengan baik," tambahnya. 

Shin Tae-yong juga mengomentari hasil drawing Piala AFC U-20 2023. Di mana Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah dan Irak.

"Kita bertemu dengan tuan rumah Uzbekistan, Iran dan Suriah. Kalau kami persiapkan dengan baik, pasti kami lolos ke babak selanjutnya. Dan saya yakin itu," tukasnya.

Sementara itu, Dony Tri Pamungkas mengaku kecewa tidak bisa meraih hasil maksimal pada laga ini. Dia berjanji akan bekerja lebih keras di latihan supaya ke depan tampil lebih baik.

"Memang dari hasil mengecewakan tetapi kami semua akan berusaha lagi supaya lebih baik lagi ke depan. Komunikasi di lapangan kami akan perbaiki lagi agar kami bermain lebih oke dan kompak," kata Dony Tri.

 

Ini adalah uji coba kedua tim U-20 Indonesia selama melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki. Sebelumya, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menang dengan skor 2-1 atas klub lokal, Cakallikli Spor pada 24 Oktober lalu.

Selanjutnya Garuda Nusantara akan menjalani dua kali laga uji coba melawan Moldova pada tanggal 1 dan 4 November mendatang.