Tim Indonesia Tetap Optimistis

Meski gagal meraih kemenangan pada laga perdananya di Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018, tim Indonesia tetap optimistis bisa meraih hasil bagus. Tim polesan pelatih Ida Gede Nyoman Mahayasa punya potensi dan dukungan kuat dari suporter.

“Tim sudah berjuang dan bermain bagus. Mereke hanya sedikit kehilangan fokus menjelang laga usai. Mereka juga sedikit grogi di laga perdana yang disaksikan banyak penonton. Ini akan kita benahi dan saya yakin tim akan bermain lebih baik lagi,” kata Ida seusai laga melawan Vietnam, yang berakhir dengan skor 2-3, untuk kemenangan Vietnam, Senin sore (19/11).

Pada laga ini Indonesia sempat unggul hingga babak kedua berakhir. Namun sayang, dua gol Vietnam di menit-menit akhir memupuskan harapan Indonesia untuk meraih poin.

Pada babak pertama pertandingan berlangsung imbang. Kedua tim saling meraba permainan. Dari sisi Indonesia, sang kapten tim, Dewa Dwipayudha, dan Sudiartawan jadi sosok yang paling sering membahayakan gawang Vietnam.

Satu menit babak kedua berjalan, Indonesia dikejutkan oleh gol Vietnam. Lepas dari kawalan pemain Indonesia, Bui Tran Tuan Anh berhasil melepaskan bola ke pojok kiri bawah gawang Indonesia.

Indonesia lantas tak membiarkan Vietnam lama-lama memimpin. Lewat proses sepak mula (kick off) selepas kebobolan, sepakan first time Dwipayudha langsung merobek jala Vietnam. Skor 1-1.

Tujuh menit berselang, pendukung Indonesia bersorak. Gol kreasi I Gede Maesa berhasil membobol gawang yang dijaga Nguyen Anh Quang. Indonesia memimpin 2-1. Hingga wasit meniupkan peluit babak kedua, tiga poin masih milik Indonesia.

Pada babak ketiga, tak lama selepas kick off, Vietnam berhasil mencetak gol memanfaatkan kelengahan pemain belakang Indonesia. Gol Vietnam tersebut dicetak Tran Vinh Phong.

Memasuki 5 menit akhir babak ketiga, Vietnam rupanya menemukan celah untuk membobol gawang Indonesia. Vietnam kerap mencari pelanggaran dan mendapatkan peluang lewat bola mati. Terbukti, pada menit terakhir babak ketiga, lewat momen bola mati hasil pelanggaran pemain Indonesia, Vietnam memupuskan target Indonesia meraih poin di hadapan ratusan pendukungnya.

“Anak-anak tadi main luar biasa, mainnya menekan, dan punya banyak peluang. Saya berterima kasih untuk perjuangan mereka," kata Nyoman.

Pelatih Vietnam, Le Van Tu, mengungkapkan laga lawan Indonesia sangat sulit. "Indonesia tim yang kuat dan sangat agresif. Yang kurang dari mereka hanya keberuntungan. Saya doakan mereka menang di sisa laga, dan berharap bisa bertemu lagi di babak selanjutnya," ucap Le Van Tu.

Sementara itu, padanlaga lain, Malaysia berhasil meraih tiga poin pertamanya lewat kemenangan 4-3 atas Timor Leste.

Gol Malaysia dicetak Zaharim Yusof (1'), Mohamad Norazaman (2'), Mohd Ali (8') dan Abdullah Noor (28'). Sedangkan gol Timor Leste diciptakan Gaspar Da Silva (1') dan dua gol Chiquito Do Carmo di menit 35.