Tim Bola Pantai Indonesia Berada di Grup Berat

Undian Piala Bola Pantai Asia AFC 2023 telah selesai di laksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (19/1) siang. Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Lebanon dan Tiongkok.

Sebanyak 16 negara partisipan termasuk Indonesia ikut dalam proses pengundian yang kemudian dibagi menjadi empat grup di mana setiap grup diisi oleh 4 negara. Pembagian pot bagi peserta pun didasarkan pada hasil kompetisi Piala Bola Pantai Asia AFC pada 2019.

“Hari ini undian sudah dilakukan dan kita sudah tahu kita berada di grup yang mana. Yang pasti tim nasional harus segera mempersiapkan tim agar bisa siap bertanding lebih baik dari edisi kompetisi sebelumnya” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Di edisi kompetisi Piala Bola Pantai Asia AFC 2019 lalu Indonesia tidak ikut berpartisipasi sehingga dihitung sebagai negara tanpa ranking, bersama dua negara lainnya, yakni Arab Saudi dan Uzbekistan.

Piala Bola Pantai Asia AFC tahun ini menjadi kompetisi kedua bagi Indonesia untuk berpartisipasi setelah sebelumnya pada 2011 .

“Ajang ini bagus untuk para pemain timnas bisa menimba pengalaman. Mereka bisa saling berhadapan dengan tim-tim yang jauh lebih berpengalaman di level Asia dan dunia yang kemudian bisa meningkatkan kualitas tim melalui laga-laga yang akan dihadapi di fase grup nanti” tutup Indra.

Pertandingan Piala Bola Pantai Asia AFC 2023 akan dilaksanakan di Thailand pada bulan Maret. Setelah menyelesaikan fase grup, dua tim yakni juara dan peringkat kedua dari setiap grup akan melaju ke babak perempat final dengan sistem gugur hingga partai final nanti.

Juara 1, peringkat 2 dan peringkat 3 akan secara otomatis lolos ke Piala Dunia Bola Pantai FIFA yang akan digelar akhir tahun ini.

Berikut Undian Piala Bola Pantai Asia AFC 2023:

Grup A: Thailand, Bahrain, Afganistan, Arab Saudi.

Grup B: Uni Emirat Arab, Iran, Malaysia, Uzbekistan.

Grup C: Jepang, Lebanon, Tiongkok, Indonesia.

Grup D: Oman, Palestina, Kuwait, Kirgistan.