Thailand Kalahkan Australia 3-1 di Laga Terakhir Grup B

Thailand mengakhiri kampanye Piala Asia Wanita U-17 dengan baik setelah mereka mengalahkan Australia 3-1 di pertandingan terakhir Grup A pada hari Senin (13/5) di Bali United Training Center, Gianyar, Bali.

Rinyaphat Moondong mencetak satu gol dan memberikan assist lainnya, membantu tim asuhan Kritsada Phungmali meraih kemenangan comeback saat Australia mengakhiri kampanye mereka dengan kekalahan ketiga berturut-turut.

Australia menjadi tim pertama yang melakukan inisiatif serangan dengan tembakan Emma Dundas dari luar kotak penalti yang menguji Benyapa Singsai, namun Thailand merespons dengan tendangan jarak jauh dari Phatcharaphorn Khuchuea yang hampir menggeliat di bawah Caoimhe Bray.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-31 dengan Australia unggul tetapi hanya setelah tiga kali percobaan. Sundulan Talia Younis membentur mistar dengan tindak lanjut Indiana Dos Santos membentur tiang sebelum Lily Punch mencetak gol pembuka.

Thailand merespons tujuh menit kemudian ketika Kurisara Limpawanich menggunakan kecepatannya dengan baik, menerobos di antara Annabelle Yates dan Sian Dewey sebelum melewati Bray yang maju.

Australia berpeluang merebut kembali keunggulan di masa tambahan waktu babak pertama ketika Tiana Fuller mendapat peluang menembak, namun Benyapa melakukan penyelamatan refleks yang luar biasa untuk mengarahkan bola melewati mistar.

Menit-menit pembuka babak kedua minim peluang dengan tendangan bebas Rinyaphat pada menit ke-49 melambung di atas mistar, namun itu menjadi pertanda akan terjadinya hal yang akan datang.

Pencetak gol Kurisara dijatuhkan oleh Bray di tepi kotak penalti pada menit ke-67, dan gelandang Rinyaphat melepaskan tembakan rendah melewati Bray ke sudut bawah.

Australia mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan, ketika pertandingan tersisa lima menit, adalah usaha Meyers yang menerobos dari kiri untuk memberikan umpan silang ke Younis tetapi upaya gelandang itu mengarah langsung ke Benyapa.

Ketika Australia mendorong lebih banyak pemain ke depan, Thailand melepaskan diri pada menit keenam penghentian permainan dengan Rinyaphat dengan cerdik menemukan Chutikan Kitkhun untuk gol ketiga mereka.