Sumsel Menang, Banten dan DKI Imbang

Laga antara tim DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan dari grup C menjadi partai pembuka pada hari kedua babak penyisihan putaran final Piala Pertiwi 2018, yang masih berlangsung di lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat pada Kamis (25/4) pagi.

Bermain tanpa beban, kedua tim tampil tenang sejak peluit babak pertama dibunyikan. DKI yang mencoba memberi tekanan di awal babak pertama selalu kesulitan menembus pertahanan Sulawesi Selatan. Begitu pula Sulawesi Selatan yang mencoba memberikan serangan, namun lagi-lagi ditutup oleh barisan pertahanan tim ibukota. Selama 2x30 menit laga dimainkan, tak ada satupun gol yang tercipta di laga ini. Laga berakhir dengan skor akhir 0-0.

Pelatih DKI Jakarta menilai pertandingan perdana yang dihadapi timnya hari ini belum memuaskan, apalagi laga berakhir tanpa mencetak angka satupun, “Hasil evaluasi kita di laga ini yang pasti anak-anak belum tampil lepas dan mereka tegang, sehingga konsep permainan dari segi attacking, defending, dan transisi tidak bisa berjalan dengan baik” ujar kepala pelatih DKI Jakarta John Arwandi. Meski belum meraih angka di laga perdana, namun secara umum, dirinya mewakili tim DKI mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya Piala Pertiwi ini. “Tim DKI mayoritas diisi oleh peman muda yang belum memiliki pengalaman bertanding, tapi dengan adanya Piala Pertiwi ini, kami sangat berterimakasih kepada PSSI karena telah menggelar turnamen ini, ini sangat baik demi kemajuan sepakbola wanita di negara kita kedepan” tutupnya.

Sementara di laga lain yakni dari grup B, Sumatera Selatan sukses menumbangkan Jawa Timur dengan skor akhir 2-0. Tim polesan Isnan Ali yang berjuang dari babak play off ini membukukan kemenangan setelah menghadapi persaingan dengan Jawa Timur yang cukup ketat. Sejak awal babak pertama terjadi kemelut di muka gawang. Adapun kemelut tersebut akhirnya berakhir dengan gol yang dinyatakan menjadi gol bunuh diri bagi Jawa Timur, namun sempat mengenai pemain Sumsel Febriana pada menit ke-8. Skuat asal sumatera ini akhirnya menegaskan kemenangan mereka tas Jawa Timur, setelah pada babak kedua tepatnya di menit ke 51, sepakan Nisma Francida melesat deras ke gawang Jawa Timur dan akhirnya menjadi skor akhir di laga ini.

“Di menit-menit awal pertandingan kami agak kesulitan menghadapi Jawa Timur, karena gelandang kami tidak berjalan sempurna. Tim Jawa Timur yang kami hadapi hari ini bagus dan menciptakan banyak peluang, bahkan menyulitkan kami, tapi kami bisa keluar dari tekanan,dan saya ingatkan pemain untuk jangan cepat puas dan ke depannya harus lebih berjuang lagi” ungkap pelatih Sumatera Selatan, Isnan Ali.

Hal yang sama juga diungkapkan pelatih Jawa Timur, Weda. Dirinya menilai kedua tim sudah menampilkan penampilan terbaik. “Kedua tim menampilkan permainan terbaik, cuma memang hasil akhir belum berpihak kepada kami. Sumatera Selatan memang masuk dari babak play off dan saya rasa mereka layak karena permainan mereka bagus” tutupnya.

Sementara di laga pamungkas fase penyisihan grup A, saling berhadapan Banten dan Jawa Barat. Jawa Barat yang sebelumnya berpesta gol atas Bengkulu dengan kemenangan 14-0, harus bermain lebih tajam untuk dapat mencetak angka kala menghadapi Banten. Gol Ria Ristiani membuka keunggulan tim Banten pada menit 9 hingga Banten unggul 1-0 di paruh laga. Namun, di babak kedua, Banten yang sempat tertinggal, justru mengejar dan menyeimbangkan skor menjadi 1-1 melalui sepakan tajam pemain bernomor punggung 7, Widia Safitri pada menit 47, sekaligus menjadi hasil akhir laga yakni 1-1.

“Kami kurang fokus di babak kedua, tidak sesuai dengan apa yang direncanakan. Anak-anak tidak fokus pada permainan ketika sudah mempertahankan kemenangan. Lawannya bagus sekali, mereka pressure, bisa satu lawan satu, apalagi mereka main pertama, sepertinya sudah mempelajari permainan kita Tapi saya sudah antisipasi dengan mengubah formasi dari 443 menjadi 442. Insyaallah kami akan evaluasi dan perbaiki di pertandingan selanjutnya ungkap kepala pelatih Jawa Barat, Ayi M Yusuf

Putaran final Piala Pertiwi 2018 masih kembali berlanjut di hari ketiga pada Jumat, 26 April 2019 di lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Turnamen di fase penyisihan masih menyisakan 8 pertandingan yang akan digelar pada Jumat 26 April 2019 dan Minggu 29 April 2019.

Jadwal Pertandingan Putaran Final Piala Pertiwi 2018
Jumat, 27 April 2019, Lapangan NYTC, Sawangan Depok, Jawa Barat

Grup B: Sumatera Selatan vs Bangka Belitung, 07.30 WIB
Grup B: Sumatera Utara vs Jawa Timur, 09.00 WIB
Grup C: D.I Yogyakarta vs DKI Jakarta, 16.00 WIB

Berita terkait