Sumsel Juara Piala Pertiwi 2018

Sumatera Selatan (Sumsel ) mengukuhkan diri sebagai juara pada gelaran Final Piala Pertiwi 2018. Bertanding menghadapi Bangka Belitung di partai final yang berlangsung di lapangan NYTC, Sawangan, Depok pada Jumat (3/5) petang, Nur Laili Khomariyah dan kolega berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-1.

Kedua tim yang sama-sama mengincar predikat juara bermain ketat sejak awal laga. Terus melalukan akai jual beli serangan membuat pelatih kepala kedua tim terus memutar otak untuk dapat menciptakan peluang dan mencetak angka. Gol pembuka akhirnya tercipat bagi Sumatera Selatan terlebih dahulu, setelah aksi Febiana Kusumaningrum pada menit ke-15 tak mampu dihalau kiper Bangka Belitung, Riska Julianti. Sumsel pun menambah pundi gol di babak kedua melalui titik penalti, yakni melalui sepakan Nisma Francida Rusdiana pada menit ke-42. Defisit 2 angka membuat pelatih kepala Bangka Belitung kembali mengubah strategi. Hasilnya, pada menit 51, Babel berhasil menipiskan selisih angka lewat gol yang dicetak Vivi Oktavia Riski. Tak ada tambahan gol yang tercipta hingga laga usai.

“Alhamdulillah hari ini kami meraih kemenangan di partai final. Seperti yang sudah selalu saya tekanan sejak awal, setiap level pertandingan naik maka semakin berat dan sulit dan kami selalu fokus dari setiap pertandingan demi pertandingan. Selalu saya bersyukur karena pemain sudah bekerja keras, melakukan yang terbaik. Selamat untuk semua pemain karena perjuangan dari babak play off tidak sia sia” ungkap pelatih kepala Sumatera Selatan, Isnan Ali.

Kekalahan tim Bangka Belitung memberikan dampak bagi pelatih kepala, Fila Hadiyanto yang kurang begitu puas dengan hasil pertandingan final hari ini. “Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kami berharap bisa juara, atau paling tifak peringkat dua. Meski saya belum begitu puas, apalagi ada pergantian pemain karena mereka tidak fit dan tidak begitu optimal. Tapi inilah hasil akhir dan kami harus sportif menerima”

Sementara di laga perebutan peringkat 3 yang berlangsung sebelumnya, D.I Yogyakarta berhasil mengalahkan DKI Jakarta dengan skor akhir 1-0. Satu-satunya gol dicetak oleh pemain D.I Yogyakarta, Okta Berti Hardiyanti pada menit 9.

Hasil Akhir Piala Pertiwi 2018
Juara 1: Sumatera Selatan
Peringkat 2: Bangka Belitung
Peringkat 3: D.I Yogyakarta

Pencetak Gol Terbanyak (Top Scorer) : Febiana Kusumaningrum - Sumatera Selatan (7 Gol)
Pemain Muda Terbaik (Best Young Player): Azra Zifa Kayla - DKI Jakarta