Skuat Garuda Optimis Meraih Juara di AFF Suzuki Cup 2018

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti serta duo pemain Andritany Ardhiyasa dan Febri Hariyadi hadir dalam AFF Suzuki Cup Trophy Tour 2018 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (4/11) siang.

Pada kesempatan ini, baik Bima maupun para pemain bertekad untuk meraih gelar juara ajang bergengsi tingkat ASEAN ini. Apalagi Indonesia belum pernah meraih juara dan hanya meraih runner up sebanyak lima kali. Torehan ini tentu tak ingin kembali diulangi.

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti, mengatakan ingin memperbaiki pencapaiannya di Piala AFF ketika masih jadi pemain. Ia menjelaskan tim yang dibawanya berisikan skuat yang terbaik.

"Saya dulu pas namanya masih Piala Tiger sempat final dan semi-final. Sekarang kesempatan saya sebagai pelatih untuk bisa membawa Indonesia juara," kata Bima Sakti.

Sementara, pemain tengah Timnas Indonesia, Febri Hariyadi mengatakan bahwa saat ini tim dalam oke dan siap menghadapi turnamen ini. Apalagi perpaduan pemain senior dan muda menjadi senjata skuat Garuda kali ini.

"Yang jelas saya percaya dengan kemampuan tim sendiri. Saya percaya tahun ini kami akan mencetak sejarah," kata Febri.

Selain itu, Febri menyatakan tidak ada lawan yang mudah untuk dikalahkan di AFF Suzuki Cup 2018. Maka dari itu, ia berharap rekan setimnya berjuang maksimal dalam setiap laga yang dimainkannya.

"Dibilang terberat semuanya susah. Tak ada yang mudah. Saya pribadi lebih siapkan diri secara pribadi dan kami harus waspadai semua tim," tambahnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa. Menurutnya, rekan setimnya harus mempersiapkan semuanya agar bisa mewujudkan ambisi jadi juara AFF Suzuki Cup 2018.

"Tapi sebagai pemain kita jaga mental. Yang terpenting bagaimana menjaga mental dan motivasi sebagai pemain," ucap Andritany.

Pada AFF Suzuki Cup 2018 edisi sekarang Indonesia tergabung di Grup B. Hansamu Yama dan bakal bertemu dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste yang berlangsung 8 November - 15 Desember 2018.

Timnas Indonesia yang berkekuatan 23 pemain saat ini sedang melakoni pemusatan latihan di Cikarang sejak 1 November lalu. Direncanakan skuat Garuda akan bertolak ke Singapura pada 6 November mendatang sebelum melawan tuan rumah 9 November di Stadion Nasional, Singapura.

Sementara itu, acara Trofi Tur Piala AFF berlangsung meriah. Sejumlah suporter timnas sengaja datang untuk memberikan dukungan. Tur Trofi sebelumnya sudah dilaksanakan di Singapura, Vietnam, dan Thailand. Rencananya, Rabu pekan ini, trofi akan dibawa ke Kamboja.