Seleksi Tak Biasa Dari Shin Tae Yong dan Gong Oh Kyun

Empat hari sudah para pemain mengikuti seleksi untuk masuk tim nasional Indonesia U19. Ada yang berbeda dari kegiatan ini. Gong Oh Kyun serta asistennya, Nova Arianto dan juga Sahari Gultom, yang terus dipantau oleh Shin Tae Yong, sejak hari pertama, mereka terus menempa pemain dengan pertandingan sepak bola 90 menit, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/1) sore.

“Sejak hari Senin yang kami lakukan disini dengan para pemain adalah bertanding, tanpa ada satu pun latihan khusus, hanya bermain sepak bola selama kurang lebih 90 menit. Saya lakukan hal ini agar mempermudah tugas saya dalam menyeleksi 30 pemain nanti. Sebab hanya dengan cara ini, saya bisa melihat kemampuan mereka yang sebenarnya,” buka Shin.

Dalam seleksi ini Shin Tae Yong mengungkapkan kriteria pemain yang dicarinya. “Tentu saya mencari pemain dengan bakat dan kemampuan sepak bola diatas rata-rata. Pemain hebat dan jago. Saya juga mencari pemain yang berani berkorban, punya semangat juang yang tinggi, postur tubuh ideal, memiliki kemampuan umpan-umpan pendek bagus serta bisa bermain di posisi manapun,” jelasnya.

“Saya tidak mau mengomentari mengenai kemampuan individu salah satu pemain, karena ini masih dalam tahap seleksi,” tegasnya lagi.

Sampai hari keempat ini memang para pemain sudah menunjukkan peningkatan yang luar biasa dan itu diakui oleh pelatih asal Korea Selatan itu. “Ya, saya katakan pada mereka, kalau sejauh ini kemampuan mereka sudah meningkat, setiap hari ada progres yang bagus dan terus meningkat. Terutama di fisik para pemain, saat ini mereka sudah terbiasa dengan pola latihan seperti ini,” ungkapnya.

Proses seleksi akan berakhir pada esok hari Jumat (17/01). Nantinya pemain yang lolos seleksi akan dikerucutkan menjadi 30 nama dan akan diumumkan melalui website PSSI. Mereka yang terpilih akan terus melanjutkan pemusatan latihan di Thailand.