Seleksi Tahap Kedua Tim U-16 Indonesia Resmi Berakhir

Seleksi tahap kedua tim U-16 Indonesia resmi berakhir pada Minggu (31/3). Seleksi yang dilakukan di lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS) tersebut dimulai sejak Kamis (28/3) dan diikuti oleh 37 pemain.

Pelatih tim U-16, Nova Arianto puas dengan kualitas para pemain yang mengikuti seleksi ini.



“Kualitas pemain-pemain di tahap kedua ini sebenarnya secara kualitas mereka di atas yang tahap pertama. Para pemain yang hadir di sini rata-rata berasal dari tim yang lolos di delapan besar Elite Pro Academy. Secara pengalaman bertanding dan jam bertanding mereka lebih baik, dan secara kualitas pun bisa kita lihat mereka lebih baik,” kata Nova.

Nova menambahkan bahwa dia terus mengasah kemampuan dan gaya bermain anak asuhnya agar sesuai dengan skema permainan yang diinginkan tim pelatih.



"Karena di setiap klub kan secara filosofi pasti berbeda-beda. Jadi di sini saya punya filosofi sendiri dan saya harap pemain bisa bermain sesuai dengan filosofi yang saya mau. Pemain yang bisa masuk di tim saya adalah pemain yang bisa bermain sesuai dengan yang saya mau,” jelas Nova.

Fisik dan stamina pemain juga menjadi fokus Nova dalam seleksi kali ini.



“Kalau level fisik ya kita punya standar ya menuju sampai di (Piala) AFF (U-16), kita VO2Max-nya harus di angka 50 ya. Dan untuk menuju Kualifikasi Piala Asia target saya adalah di 55, dan di berikutnya dia bisa sampai di 60,” pungkas pelatih yang juga menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong tersebut.

Pada tahun ini, tim U-16 Indonesia akan mengikuti sejumlah turnamen internasional seperti Piala AFF U-16 dan kualifikasi Piala AFC U-17 2025.