PSSI Terus Bersinergi untuk Perkembangan Sepak bola Nasional

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI mengapresiasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bersinergi dalam menyelenggarakan kompetisi usia muda bertajuk Gala Siswa. Event ini berjalan cukup baik dan sudah memasuki babak putaran nasional dengan melibatkan sebanyak 34 tim yang pertandingannya akan dimulai bulan Oktober mendatang.

Sebanyak 34 tim ini akan bersaing. Mereka akan dibagi menjadi delapan grup yang pengundian grupnya sudah dilaksanakan di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/5). Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono memohon dukungan dari semua pihak dalam penyelenggaraan event Gala Siswa ini.

“Kami mohon dukungannya, karena PSSI tidak bisa berjalan sendiri, kita semua harus saling bersinergi. Dengan ini kami dan kita semua berharap agar sepak bola kita lebih baik lagi di masa depan,” kata Joko.

Acara undian pembagian grup juga dihadiri Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy dan Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman. Sementara dari pihak Kementrian Pemuda dan Olah Raga diwakili oleh Deputi III bidang Pembinaan olah raga, Dr. Raden Isnanta, M.Pd. Hadir juga beberapa pengurus Asprov PSSI pada acara ini.

“Kegiatan ini menjadi berita positif bagi sepak bola kita. Di sini kita bisa menginvestasikan sepak bola demi bangsa ini di masa depan. Kami menitipkan misi dan visi PSSI dalam sepak bola secara global,” ungkap Joko Driyono.

Kompetisi Gala Siswa ini diikuti oleh pelajar dari Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy mengatakan, “Kompetisi ini tindak lanjut dari ratas (rapat terbatas) DPR percepatan sepak bola nasional. Karena itu, kami memprakarsai kegiatan ini mulai dari tingkat SMP. Kenapa SMP?. Karena dalam tingkat sekolah ini punya peluang besar untuk bisa dikembangkan lebih lanjut. Kami juga mengucapkan rasa terima kasih juga untuk GiZ karena sudah membantu Indonesia, semoga metode sepak bola jerman bisa kami terapkan di negara ini,” jelasnya.

Berikut ini pembagian grup Gala Siswa 2018

Grup A

Sumatera Utara
Lampung
Kalimantan Timur
Sulawesi Tenggara
Papua Barat

Grup B

Aceh
Jawa Barat
Kalimantan Barat
Sulawesi Tengah

Grup C

Kepulauan Riau
Jawa Tengah
Bali
Sulawesi Barat

Grup D

Jambi
Bengkulu
NTT
Sulawesi Utara

Grup E

Sumatera Selatan
Banten
NTB
Sulawesi Selatan

Grup F

Sumatera Barat
Jawa Timur
Kalimantan Utara
Papua

Grup G

Riau
D.I Yogyakarta
Kalimantan Tengah
Maluku

Grup H

Bangka Belitung
DKI Jakarta
Kalimantan Selatan
Maluku Utara
Gorontalo