PSSI Seleksi Pelatih Timnas Wanita

PSSI mulai menyeleksi sejumlah nama untuk calon pelatih tim nasional wanita. Tiga nama pelatih sudah diundang untuk mempresentasikan program kepelatihan.

Ketiga pelatih tersebut, yakni John Arwandi, Satia Bagdja dan Jan Saragih. Masing-masig pelatih diberi kesempatan untuk paparan program sekitar satu jam.

John Arwandi merupakan Pelatih Persija Putri pada gelaran Liga 1 Putri tahun lalu. Sementara Jan Saragih adalah mantan pelatih Tim Liga 1 Badak Lampung. Adapun Satia Bagdja merupakan matan pelatih Tim Nasional Putri pada gelaran Asian Games lalu.

Para pelatih memaparkan program kerja mulai dari proses rekrutmen pemain, metode latihan hingga periodisasi sampai kompetisi pada bulan Mei. Sementara Tim Nasional Indonesia Putri berada pada peringkat 92 Dunia. PSSI kini akan dihadapkan pada kompetisi Piala AFF pada 31 Mei - 14 Juni 2020.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan sepak bola wanita. Tahun lalu, PSSI telah membuat sejarah dengan menggelar kompetisi Liga 1 Putri. Dari kompetisi ini, PSSI mendapatkan pemain untuk tim nasional.

Indra menambahkan, untuk calon pelatih, PSSI mensyaratkan setiap calon harus memiliki lisensi A AFC selain pengalaman melatih tim sepak bola. PSSI mencari pelatih untuk posisi pelatih timnas senior, u18 dan u15. "Proses perekrutan pelatih terbuka dan transparan. Para calon harus menyiapkan dan mempresentasikan rencana programnya," kata Indra yang didampingi Danurwindo saat mendengarkan paparan calon pelatih.