PSSI Hormati dan Apresiasi Keputusan AFC

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghormati keputusan AFC yang menunda pelaksanaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia dan beberapa pertandingan Liga Champions Asia. Iriawan juga memaklumi dan memberikan apresiasi kepada AFC yang melakukan langkah-langkah antisipatif terkait merebaknya Virus Corona.

Menurut Iriawan, PSSI telah menerima surat dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang menyampaikan beberapa keputusan hasil ‘Emergency Meeting’ di AFC, 2 Maret lalu. Rapat darurat yang berlangsung di Kuala Lumpur itu menghasilkan beberapa keputusan penting terkait merebaknya Virus Corona akhir-akhir ini.

Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) resmi menunda pertandingan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 terkait isu wabah virus corona. Pertandingan bulan Maret diubah menjadi bulan Oktober dan laga bulan Juni menjadi bulan November.

Dengan demikian, laga Indonesia melawan tuan rumah Thailand yang telah dijadwalkan pada 26 Maret 2020, ditunda menjadi 8 Oktober 2020. Demikian pula laga kandang Indonesia melawan Uni Emirat Arab yang awalnya tanggal 31 Maret  2020, diubah menjadi tanggal 13 Oktober 2020. Adapun pertandingan tandang melawan Vietnam yang sebeumnya dijadwalkan tanggal 4 Juni menjadi tanggal 12 November 2020.

“Timnas kita telah melakukan persiapan pada bulan lalu. Rencananya pertengahan Maret ini pun akan berkumpul kembali. Tapi kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada aktivitas persepakbolaan. Bagaimanapun, kemanusiaan ada di atas segalanya,” kata Iriawan.