PSSI Gelar Kursus Pelatih Kiper AFC B di Yogyakarta

PSSI menggelar kursus pelatih kiper AFC B tahun 2022 di Sleman, Yogyakarta. Kursus ini digelar dua modul. Modul pertama berlangsung tanggal 6 hingga 10 Desember 2022, kemudian modul kedua akan berlangsung tanggal 26 sampai 31 Desember 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 pelatih kiper Indonesia, dimana Zakareya Ahmed Mohammed Ahmed Alawadi sebagai instrukturnya dan Kurnia Sandy sebagai asistennya.

Nama-nama yang sudah tidak asing lagi turut meramaikan kegiatan ini. Diantaranya adalah Hendro Kartiko, Sahari Gultom, Mukti Ali Raja dan yang lainnya.

Mereka semua mendalami dan mempelajari ilmu kepelatihan kiper selama kursus berlangsung. “Tidak hanya itu, calon-calon pelatih kiper masa depan ini juga mendapatkan pelajaran praktek lapangan. Dan mereka semua menjalaninya dengan sangat tekun,” kata Zakareya.

Zakareya juga meyakini bahwa mereka semua akan menjadi pelatih kiper yang hebat. Dia menjelaskan apa saja materi yang diberikan selama kursus berlangsung.

“Sejak hari pertama, peserta kami beri materi dari sesi teori hingga praktek. Pada sesi praktek ada pelajaran mengenai bagaimana menghentikan tendangan, mengantisipasi umpan silang, distribusi bola, bagaimana menghadapi kondisi satu lawan satu dengan penyerang lawan, mengentikan tendangan dari berbagai sudut. Dan pada hari terakhir sesi praktek ada semacam latihan ujian,” bebernya.

“Kemudian pada sesi teori, kami memberikan pengetahuan tentang kebijakan AFC mengenai pelatih kiper, pengenalan terhadap kursus, visi pelatih kiper, proses melatih, dan gaya melatih. Merencanakan sesi melatih kiper, membuat statistik dan memecahkan suatu masalah juga kami berikan disini,” sambungnya.

Berikut ini nama-nama peserta pelatih kiper AFC B:

1. Abdul Rohman - Jawa Timur
2. Agus Triyono - Banten
3. Ahmad Nurosadi Muhammad - Jawa Timur
4. Alan Haviluddin - Jawa Timur
5. Amiruddin - Aceh
6. Andi Iswantoro - D.I Yogyakarta
7. Arief Yanto - Kalimantan Timur
8. Benyamin V B - DKI Jakarta
9. Eddy Harto - DKI Jakarta
10. Erick Ibrahim - Jawa Timur
11. Fauzal Mubaraq - Riau
12. Haryono - DKI Jakarta
13. Hendro Kartiko - Jawa Timur
14. Hermansyah - Banten
15. I Komang Putra Adnyana - Jawa Tengah
16. Jarot Supriadi - Banten
17. Maulana Hasanudin - Banten
18. Miftahul Hadi - Jawa Timur
19. Muhammad Arief Priyadhi - Banten
20. Mukti Ali Raja - Banten
21. Sahari Gultom - Sumatera Utara
22. Suherman - Banten
23. Wawan Dermawan - Jawa Barat
24. Yanuar Hermansyah - Jawa Timur