Progres Positif Tim U-16 Indonesia di Pekan Pertama TC Yogyakarta

Tim nasional U-16 Indonesia sudah sepekan menjalani pemusatan latihan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang mulai dari tanggal 12 Juli 2022.

Di pekan pertama pemusatan latihan, tim pelatih fokus memantau kesiapan fisik para pemain yang akan dipilih mengikuti Piala AFF pada 31 Juli 2022 mendatang, dengan menjalani laga internal game.

Menurut pelatih kepala tim, Bima Sakti, pemantauan fisik dilakukan dengan cara menggelar latihan intesitas tinggi pada pagi dan sore hari.

“Program kita di minggu pertama ini memang sedikit intensitas kita tingkatkan. Kita latihan sehari dua kali terus, pagi dan sore, sampai tanggal 14 Juli. Dan di minggu kedua akan ada uji coba,” ujarnya.

Selain itu, sejumlah laga uji coba akan dijalani tim ini sebagai ajang simulasi jelang Piala AFF. Hingga saat ini, tim-tim seperti PSS Sleman U-16 dan Porprov DIY akan menjadi lawan tanding Timnas U-16 dalam laga uji coba yang akan dilakukan pada pekan kedua.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, kemampuan sepak bola dari anak-anak ini berkembang pesat. Kami juga sudah menjajal Stadion Maguwoharjo, sebagai pengenalan pemain dengan tempat kami bertanding nanti di Piala AFF U-16,” kata Bima.

Indonesia berada di Grup A bersama tim-tim seperti Vietnam, Singapura, dan Filipina. Bima mengatakan, untuk level kelompok umur, tim negara-negara peserta kekuatannya semua hampir merata.

“Semuanya tim bagus, mereka punya kualitas. Kita tidak akan pernah meremehkan satu atau dua tim saja, kami respek terhadap mereka dan harus kita hadapi dengan sepenuh hati dan selalu bekerja keras untuk meraih setiap kemenangan,” tegas Bima.

Piala AFF U-16 akan diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo Sleman, dan Stadion Sultan Agung di Bantul. Pada laga pertama, Garuda Asia akan menghadapi tantangan dari Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tanggal 31 Juli 2022 pukul 20.00 WIB. Dengan adanya dukungan dari suporter Indonesia setempat, diharapkan dapat membantu target juara tim ini sebagai tuan rumah.