Program Pengembangan Kompetisi UEFA Assist Berakhir

Kolaborasi antara PSSI dan UEFA untuk pembahasan gelombang pertama, berakhir hari ini. Program bernama UEFA Assist yang bertema League Development Program (LDP) terkait pengembangan liga dan workshop peningkatan kapasitas klub sudah berlangsung dari tanggal 19 hingga 22 November 2022 di Hotel Century, Jakarta.

Program yang diikuti oleh perwakilan seluruh klub Liga 1 2022/2023, PSSI dan PT LIB itu menghadirkan juga tiga perwakilan UEFA yakni Eva Pasquier (Head of International Relations UEFA), Stuart Robert Larman (UEFA Assist Expert), dan Kenny MacLeod (UEFA Assist Expert).

Di hari ketiga kemarin, mereka membahas tentang aktivitas yang dilakukan saat suatu pertandingan berlangsung dan bagaimana mengatur tempat pertandingan sebaik mungkin.

Kemudian juga dibahas mengenai jadwal pertandingan suatu kompetisi, khususnya Liga 1. Kenny MacLeod (UEFA Assist Expert) mengatakan, mengenai jadwal, semua kompetisi di dunia juga pernah ada pergantian jadwal jika ada FIFA Match Day.

"Hanya harusnya disesuaikan dengan keinginan serta kepentingan dari operator, klub dan juga televisi sebagai penyiar siaran suatu pertandingan sepak bola. Semuanya harus terkomunikasi dengan baik," katanya.

Sementara itu menurut salah satu peserta, Ponaryo Astaman yang juga perwakilan dari klub Borneo FC mengatakan, "Dengan acara ini, kami klub jadi terbuka dengan beberapa masalah yang dialami klub dan juga operator liga. Narasumber dari UEFA mengatakan hal kejadian yang sama juga dialami oleh negara-negara lain (pengaturan jadwal kompetisi)," ujarnya.

Di hari terakhir, pembahasannya mengenai bagaimana merencanakan kegiatan operasional dalam menyelenggarakan kompetisi liga, serta bagaimana mengeksekusinya dengan baik, agar semuanya lancar.

"Banyak hal yang bisa diperoleh dari workshop bersama UEFA, mulai dari management, finance, dan hal lainnya. Agar klub sepak bola di Indonesia dapat berkembang lebih maju," kata Yabes Tanuri.

"Apalagi semua orang mengetahui, bila UEFA memiliki liga terbaik diseluruh dunia, untuk itu banyak yang bisa dipelajari."

“Kami berharap PSSI bisa rutin melakukan program-program pengembangan segala aspek seperti ini kedepannya sehingga kami klub di Indonesia bisa menjadi lebih baik,” tutupnya.

Rencananya, tanggal 24 November 2022 UEFA Assist akan kembali bergulir, namun dengan tema berbeda. Tema yang akan diusung adalah Football for Woman.