Piala Presiden Dimulai Tanggal 2 Maret 2019

Turnamen Piala Presiden akan dimulai pada tanggal 2 Maret 2019 mendatang. Laga perdana akan dilangsungkan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, antara tuan rumah Persib Bandung melawan PS Tira Persikabo.

“Kemeriahan Turnamen Piala Presiden akan kembali lagi. Meski turnamen ini merupakan ajang pemanasan menjelang musim kompetisi, namun tetap memiliki kelas, gengsi dan prestisius. Lewat turnamen ini, kita juga ingin menggerakan ekonomi kerakyatan dengan melibatkan masyarakat,” kata Organizing Committee Turnamen Piala Presiden yang juga Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, seusai acara pengundian pertandingan tim peserta di Jakarta, Selasa (19/2).

Untuk penyelenggaraan Turnamen Piala Presiden, PSSI bekerja sama dengan Emtek Group. Seluruh pertandingan akan ditayangkan secara langsung di Stasiun Televisi Indosiar. Direktur Programming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad mengungkapkan, Emtek sangat antusias kembali menjadi bagian Piala Presiden untuk yang keempat kalinya.

Ditambahkan, sudah menjadi komitmen Emtek untuk selalu berpartisipasi aktif demi kemajuan industri sepakbola tanah air sejak kompetisi pra musim terbesar di Indonesia ini digagas beberapa tahun terakhir. Reputasi Piala Presiden sebagai ajang pemanasan awal musim paling bergengsi di Indonesia tergambar dari keikutsertaan klubnya yang terbanyak, total hadiah tertinggi dan jumlah penonton terbesar tentunya tak terbantahkan.

“Sebanyak 40 pertandingan akan disiarkan LIVE secara eksklusif di Indosiar. Bahkan demi menjangkau lebih luas lagi gemanya, Piala Presiden 2019 juga dapat diakses melalui Live Streaming di situs Vidio.com”, kata Harsiwi Achmad.

Seperti tahun sebelumnya, Piala Presiden akan diikuti sebanyak 20 tim yang terdiri atas 18 tim Liga 1 dan dua tim Liga 2. Untuk babak penyisihan, 20 peserta ini akan dibagi dalam lima grup yang akan bermain di lima kota, yakni Stadion Jalak Harupat Bandung (Grup A), Stadion Patriot Bekasi (Grup B), Stadion Moh. Soebroto Magelang (Grup C), Stadion Maguwoharjo Sleman (Grup D), dan Stadion Kanjuruhan Malang (Grup E).

Lima tim peringkat teratas grup dan tiga runner up terbaik akan melaju ke babak delapan besar. Babak perempat final ini akan dilangsungkan di empat tempat dan tim yang lolos akan diundi untuk mendapatkan lawan dan tempat bertanding. Adapun babak semifinal dan final pertandingan akan dilaksanakan secara home and away.

Untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 3,3 Miliar. Adapan untuk runner-up hadiahnya sebesar Rp 2,2 miliar, peringkat tiga dan keempat masing-masing mendapat Rp 750.000.000.

Penyelenggara turnamen juga memberikan penghargaan kepada pemain terbaik sebesar Rp 250.000.000., pencetak gol terbanyak Rp 150.000.000, dan pemain terbaik Rp 150.000.000. Untuk wasit terbaik, juga akan diberikan hadiah sebesar Rp 50.000.000.

Berikut 20 tim peserta:

Grup A (Bandung)
Persib Bandung
Persebaya Surabaya
Perseru Serui
PS Tira Persikabo

Grup B (Bekasi)
Bhayangkara FC
Semen Padang
Bali United
Mitra Kukar

Grup C (Magelang)
PSIS Semarang
PSM Makassar
Persipura Jayapura
Kalteng Putra

Grup D (Sleman)
PSS Sleman
Persija Jakarta
Madura United
Borneo FC

Grup E (Malang)
Arema FC
Persela Lamongan
Persita Tangerang
Barito Putra

Berita terkait