Piala AFF Jadi Ujian Kekuatan Timnas Putri

Tim Nasional putri Indonesia menjadikan ajang Piala AFF di Palembang, 30 Juni-14 Juli 2018 sebagai kesempatan untuk mempersiapkan tim ke Asian Games pada Agustus mendatang.
    
Pelatih Timnas Putri Indonesia Satia Bagdja Ijatna dalam konferensi pers di Palembang, Jumat, mengatakan, selama ini timnas kesulitan mendapatkan lawan tanding namun dengan bergabung dalam grup B bersama Vietnam, Myanmar, Filiphina, Indonesia dan Singapura di Piala AFF ini maka setidaknya dapat menguji kekuatan.
   
"Timnas putri sudah tidak bertanding di AFF sejak tiga tahun lalu. Jadi kesempatan bertanding di AFF ini sebenarnya lebih kepada memantangkan kesiapan tim untuk ke Asian Games," kata Satia.
   
Sejauh ini, ia menilai, tim-tim yang bertanding di Piala AFF memiliki kans untuk keluar dari babak penyisihan grup karena juga sama-sama mengandalkan pemain muda
   
Dia menilai, Thailand dan Australia lebih berpeluang untuk menjadi juara pada turnamen resmi FIFA ini karena menjadi wakil zona Asia Tenggara ke Piala Dunia Putri tahun 2019.
    
Indonesia sendiri sebagai tim tuan rumah akan mengandalkan tim yang sama saat turun pada pertandingan persahabatan melawan Thailand pada bulan lalu. Seperti diketahui, pada pertandingan pertama timnas dikalahkan Thailand dengan skor 13-0, kemudian pada pertandingan kedua mampu menahan 0-3.

"Artinya tim kita sebenarnya mampu memberikan perlawanan, tapi perkara mental saja karena sudah tiga tahun tidak pernah ikut turnamen internasional," kata dia.

Sementara itu, pelatih Thailand Nuengrutai Srathongvian mengatakan timnya menargetkan menembus partai final.

"Kemenangan pada Piala AFF ini penting untuk kami, terutama untuk kepercayaan diri tim di Asian Games," kata dia.

Piala AFF Putri akan diikuti sepuluh tim yang terbagi dalam dua grup yakni Grup A (Thailand, Australia, Malaysia, Timor Leste, dan Kamboja), sedangkan Grup B (Vietnam, Myanmar, Filiphina, Indonesia dan Singapura).

Timnas akan memulai laga perdana penyisihan grup melawan Singapura pada 1 Juli 2018.

Berita terkait