Pertamina Dukung PSSI Untuk Pengembangan Sepak Bola Nasional

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara PT Pertamina memberi dukungan kepada PSSI untuk pengembangan sepak bola nasional. Dukungan Pertamina untuk PSSI ini diawali dengan penandatanganan MoU oleh Direktur Pertamina Massa Manik dan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi di kantor pusat Pertamina di Jakarta, Selasa (15/8).
 
Kerjasama pengembangan sepak bola nasional ini akan berlangsung selama tiga tahun ke depan. Pada tahun 2017, Pertamina akan memulai dengan dukungan sebagai Title Sponsor, National Football Youth Championship (NFYC), yakni Kejuaraan Nasional Piala Suratin U-15 dan U-17. Event ini rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 di Yogyakarta
 
Direktur Utama Pertamina Massa Manik mengatakan “Pertamina menaruh kepedulian terhadap perkembangan sepakbola Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui inisiasi Pertamina Soccer School yang merupakan wadah pembinaan anak-anak berbakat di bidang sepakbola, serta memberikan beasiswa bagi anak-anak di bidang olah raga sepak bola. Ini merupakan bentuk komitmen nyata Pertamina terhadap kemajuan sepakbola di Indonesia dengan memberikan dukungan pengembangan potensi dan bakat usia muda di cabang olah raga sepakbola termasuk kerjasama dengan PSSI saat ini,” kata Massa.
 
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi sangat mengapreasiasi dukungan Pertamina. Ia menyebut PSSI memiliki kewajiban untuk membina dan mengedukasi sepakbola, salah satunya di sektor usia muda sebagai ujung tombak regenerasi.
 
"Apresiasi kepada Pertamina yang sudah berkomitmen untuk mendukung Pengembangan Sepakbola Nasional melalui penandatangan MoU kerjasama dengan PSSI untuk tiga tahun kedepan," kata Edy.  
 
Edy berharap kerjasama di tahun pertama ini bisa lebih diperat dengan dukungan Pertamina kedalam Tim Nasional Sepakbola Indonesia (Senior – U-16 dan Wanita) pada tahun 2018 dan 2019, sebagai sponsor utama. Dikatakan, PSSI serius untuk mengembangkan akar rumput dan sepakbola usia muda. “Yang jelas kami juga merangkul member PSSI atau pihak-pihak swasta manapun untuk memberdayakan pembinaan usia muda," ujar Edy.

National Youth Football Championship (NYFC) merupakan putaran nasional dari liga nasional Piala Suratin U-15 dan U-17 yang sebelumnya telah diputar melalui babak Kabupaten kota (Liga Nasional U-15), babak provinsi kemudian berlanjut ke putaran nasional. Dan masing-masing akan diikuti 34 tim perwakilan Asprov PSSI se-Indonesia.
 
Putaran nasional dilaksanakan dalam dua fase. Yakni penyisihan grup, 16 besar hingga final. Pelaksanaan NYFC dilaksanakan di 10 Stadion di Yogyakarta dan bakal diikuti 2000 pemain serta 500 offisial akan berpartisipasi selama 15 hari pertandingan. NFYC merupakan kejuaraan usia muda resmi dikelola PSSI dan merupakan terbesar di Indonesia.