Persik Tantang PSCS di Final Liga 3 2018

Persik Kediri memantapkan status sebagai juara grup timur sekaligus melenggang ke final Liga 3 2018. Hal ini usai Macan Putih julukan Persik menang 3-1 atas Persatu Tuban di Stadion Brawijaya, Kediri, pada babak 8 besar, Sabtu (22/12) sore.

Kedua tim sebenarnya sudah memastikan diri untuk lolos ke Liga 2 musim depan, namun keduanya mengincar kemenangan untuk bisa lolos ke Final Liga 3. Dengan hasil ini Persik akan menghadapi PSCS Cilacap pada laga final yang akan berlangsung pada tanggal 27 dan 30 Desember mendatang.

Persik langsung tancap gas dan mencetak gol lebih dulu melalui sundulan Septian Satria ketika pertandingan berjalan 6 menit. Skor berubah menjadi 1-0. Persik Kediri yang unggul satu gol mendominasi jalannya pertandingan dan beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Persatu Tuban.

Macan Putih kembali mencetak gol di menit 20 lewat gol kedua Septian memanfaatkan blunder pemain Persatu. Tertinggal dua gol, Persatu mencoba bangkit, namun masih gagal menmebus pertahanan Persik.

Melalui skema bola atas, kiper Persatu salah mengantisipasi umpan tarik dan membuat gawangnya kebobolan dan mengubah kedudukan menjadi 3-0 untuk Persik. Skor ini menjadi hasil sementara hingga babak pertama.

Memasuki babak kedua, pemain Persik Kediri langsung mengambil alih inisiatif permainan dan melakukan serangan-serangan berbahaya di kotak penalti Persatu Tuban.

Persatu yang tertinggal tiga gol, akhirnya mulai berani keluar dan beberapakali mengancam barisan pertahanan Persik Kediri di awal babak kedua.
Persatu Tuban akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan melalui sepakan Dhanu Rosadhe di menit ke-63. Skor pun berubah menjadi 3-1 sekaligus menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Pelatih Persik, Alfian mengatakan bahwa anak asuhnya bermain apik pada laga ini. Namun ia menyebut di babak kedua terjadi penurunan permainan, oleh sebab itu tim lawan mampu mencetak gol.

"Akhirnya kami mampu melangkah hingga babak final Liga 3 2018. Kami akan melawan tim yakni PSCS Cilacap, saya kira mereka tim yang bagus dan kuat. Buktinya mampu menjadi juara grup barat di Ciamis. Namun kami ingin menjadi juara Liga 3 2018, jadi tidak hanya sekadar lolos di Liga 2 2019," kata Alfian.

Laga final Liga 3 2018 akan berlangsung dengan format kandang tandang pada 27 dan 30 Desember mendatang. Pada final leg pertama, Persik menjadi tuan rumah terlebih dahulu dan selanjutnya akan bertandingan ke kandang PSCS Cilacap.