Penilai Wasit Gelombang Kedua Praktik Pengenalan Komputer dan Refer System di Hari Kedua Kursus

Sebanyak 16 penilai wasit gelombang kedua mulai melakukan praktik di hari kedua kursus, penggunaan komputer menjadi salah satu agendanya dan tentu juga mengenai refer system, Selasa (27/2) di Jakarta.

Adapun, agenda lengkapnya untuk hari ini antara lain adalah literasi dan kompetensi penggunaan komputer. Di sini, mereka diajarkan bagaimana cara membuat laporan dan mengirimnya melalui surat elektronik. Materi pertama ini, dibawakan oleh Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Yoshimi Ogawa.

Ada prosedur dalam pembuatan laporan untuk suatu insiden, yakni analisis insiden dari video klip, salin insiden yang diperlukan dengan tangkapan layar dan tempelkan ke dalam laporan. Para penilai wasit ini juga diajarkan bagaimana cara konversi dokumen format word ke pdf dan kirim melalui email.

Kemudian, materi dilanjutkan ke sesi literasi/kompetensi komputer, sesi pelatihan untuk menggunakan komputer dan mengirimkan laporan melalui formulir Google.

Kegiatan para penilai wasit saat ini di era digitalisasi dan ke depannya sangat dekat dengan komputer. Untuk itu Ogawa pun mulai memberikan pelatihan menggunakan komputer.

“Kegiatan ini sangat membantu saya untuk mengidentifikasi kemampuan mereka dalam menguasai komputer. Karena mau tidak mau, suka atau tidak suka, mereka nantinya akan selalu bersinggungan dengan komputer. Jadi dalam kursus ini, saya ingin melihat dan membiasakan para penilai wasit ini dalam menggunakan serta menguasai komputer,” jelas Ogawa.

Sementara itu, salah satu peserta mengatakan awalnya agak kesulitan dalam menguasai komputer. “Namun para instruktur seperti Ogawa, Ray, Jeremy dan staf di perwasitan sangat membantu saya dan teman-teman ketika kesulitan dalam penggunaan komputer. Jadi intinya, mulai sekarang kami harus terus bersinggungan dengan komputer dan berlatih menggunakan sistem ini, kita akan terbiasa nantinya,” kata Jajat Sudrajat.

Sesi selanjutnya hingga penutup, mereka mulai mendengarkan bagaimana cara dan langkah-langkah dalam menggunakan refer system secara langsung yang dipandu oleh Raymond Olivier (AFC Referee Instructor) dan Jeremy Kerner (Sports Fusion CEO).

“Peserta di gelombang kedua ini lebih aktif, mereka banyak bertanya. Terutama bertanya yang kaitannya mengenai refer system. Itu yang saya dan Jeremy suka. Jadi kursus tidak monoton, kursus lebih hidup, karena ada tanya jawab disini,” kata Raymond Olivier.