Para Wasit Lakukan Praktek Penerapan Asisten Wasit Tambahan

Setelah mengikuti kelas khusus tentang teori penerapan asisten wasit tambahan, para wasit dan asisten wasit yang hadir pada refreshment asisten wasit tambahan di BRI Liga 1 2021/2022, langsung mengikuti materi praktek di pertandingan.

Khusus untuk materi praktik ini, dilaksanakan di Lapangan Samudera, Badung pada Senin (7/3). Agenda itu dipandu secara langsung oleh para instruktur wasit PSSI dan diikuti sekitar 65 peserta.

Materi praktek refreshment asisten wasit tambahan melibatkan beberapa tim junior yang ada di Bali. Mereka disimulasikan sebagai dua tim yang bertanding. Kemudian peserta refreshment asisten wasit tambahan bertugas memimpin pertandingan secara bergantian. Termasuk dua asisten wasit tambahan.  

Pada tiap pertandingan ujicoba, dua asisten wasit tambahan berdiri di belakang gawang dan mengamati jalannya pertandingan. Mereka juga diminta untuk memakai alat komunikasi khusus yang difungsikan untuk berkoordinasi dengan wasit utama.

Seperti diketahui, sebelumnya PSSI telah mengumumkan akan ada asisten wasit tambahan pada BRI Liga 1 2021/2022 pekan ke-30 atau tepatnya mulai 9 Maret 2022. Pada hari itu, akan digulirkan tiga pertandingan yang sudah menerapkan asisten wasit tambahan. Yakni laga Persela Lamongan versus Persikabo 1973, Madura United kontra Barito Putera dan Arema FC versus Persib Bandung.

“Kami berharap kebijakan adanya asisten wasit tambahan ini akan bisa menjawab persoalan yang ada di perwasitan. Pada akhir musim akan kami evaluasi dan saya pribadi berharap mudah-mudahan bisa diterapkan untuk musim depan,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Saya mengikuti materi praktik sejak awal. Semua dilaksanakan secara detail. Termasuk peran dan tugas masing-masing wasit dan asisten wasit selama pertandingan, sampai dengan cara berkomunikasi dengan alat baru antara wasit utama dan dua asisten wasit tambahan. Mudah-mudahan materi praktik ini akan sangat membantu pada saat korps wasit saat bertugas di laga sisa BRI Liga 1 2021/2022,” jelas Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.