Optimisme Tinggi Garuda Pertiwi Muda

Tim Nasional Putri Indonesia U-16 terbang ke Kirgizstan pada Rabu (12/9) tengah malam untuk mengikuti babak pertama Kualifikasi AFC Womens U-16 Championship 2019 yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 23 Septmber 2018.

Di bawah kepemimpinan pelatih Rully Nere, skuat skuat Garuda Pertiwi Muda berkekuatan 20 pemain ke negara Asia Tengah. Pada ajang ini Indonesia berada di grup D bersama tuan rumah Kirgizstan, Australia, Chinese Taipei, Palestina.

Pada laga perdana tanggal 15 September, skuat Garuda Pertiwi Muda akan melawan Palestina. Tentu grup ini bukanlah grup yang mudah untuk dilewati. Apalagi hanya juara grup dan dua runner up terbaik dari enam grup kualifikasi ronde pertama ini akan lolos ke kualifikasi ronde kedua yang akan berlangsung tanggal 23 Februari hingga 3 Maret 2019 mendatang.

"Persiapan kami selama enam minggu berjalan dengan baik. Kami melakoni pemusatan latihan di Banjarnegara dan Sawangan. Total tujuh kali uji coba telah kami lakoni dengan kemenangan. Meski kami akui lawan di grup berat tapi kita harus optimis untuk lolos grup," kata Rully Nere.

Pelatih berusia 61 tahun ini mengaku juga sudah mempelajari dan mengetahui lawan-lawan pesaing Indonesia di grup D. Ia pun menyebut tim-tim tersebut memiliki kelebihan di postur untuk Australia, Palestina, dan Kigizstan. Sedangkan untuk Chinese Taipei ia mewaspadai kecepatan dan power para pemainnya.

"Kondisi pemain saat ini sangat bagus dan sudah siap bermain di ajang ini. Kerangka tim sudah terbentuk sesuai yang kami inginkan. Kami juga memohon doa dan dukungan bangsa Indonesia agar kami mampu menampilkan permainan terbaik dan maksimal di ajang ini," tambah pelatih asal Papua tersebut.

Selain mengikuti ajang Kualifikasi AFC U-16 Womens Championship 2019. Pada tahun 2018 ini Timnas Wanita telah mengikuti berbagai ajang internasional seperti AFF U-16 Girl Championship, AFF Womens Championship, Asian Games 2018 yang semuanya berlangsung di Palembang.

*Daftar 20 Pemain Indonesia di Kualifikasi AFC U-16 Womens Championship 2019

Kiper
1. Adindaa Dwi Citra
2. Sofingatun
3. Fani

Belakang
4. Portia Fischer
5. Shalika Aurelia
6. Sasi Kirana
7. Syafira Azzahra
8. Leni Maharani
9. Gisela Gwen
10. Reva Octaviani

Tengah
11. Helsya Maesyaroh
12. Safira Ika Putri
13. Azra Zifa
14. Jasmine Sefia
15. Anisa Febiana
16. Zahra Naqiyyah
17. Sheva Imut
18. Naysila Ursila

Depan
19. Firanda
20. Agnes Matulapelwa

Berita terkait