Nova Arianto Prioritaskan Pemain U-16 dengan Postur Tinggi

Pelatih tim U-16 Nova Arianto memberikan penjelasan detail mengenai postur tinggi pemain yang diincarnya dalam seleksi pemain untuk timnya.

Untuk diketahui, saat ini tim U-16 sedang mengadakan seleksi pemain untuk gelombang ketiga yang telah dimulai sejak 25-28 Februari.

Sebelumnya, Nova pernah mengatakan kalau kriteria pemain yang dicari salah satunya adalah tinggi badan dan postur tubuh.

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," jelasnya.

Menurut Nova, kalau dirinya menyiapkan gen tim nasional untuk ke depannya di tim U-16 ini.

“Saya menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur yang tinggi. Karena alasannya minimal pemain itu akan naik 1cm pertahunnya,” jelas Nova, Senin (26/2).

“Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm.’’

Faktor yang mendasari Nova untuk mencari pemain tinggi adalah pengalamannya di Piala Asia 2023. Kala itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. Hal tersebut, cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan.