Menu Ketat Skuat Garuda

Jelang berlaga di Piala AFF Suzuki 2018, pemain Tim Nasional Indonesia mendapat perhatian khusus terkait pola makan. Pemain tidak boleh makan sembarangan, hal ini demi menjaga kondisi selama turnamen yang dihelat setiap dua tahun sekali ini.

Menu bergizi yang terdiri empat sehat lima sempurna menjadi menu wajib yang terhidang di meja makan hotel skuat Garuda. Indonesia akan melakoni laga perdana melawan tuan rumah Singapura di Stadion Nasional, Jumat (9/11) mendatang.

"Kami selalu berkoordinasi dengan koki hotel agar para pemain mendapat menu makan sesuai standar atlet. Menu setiap hari harus ada sayur, buah, karbohidrat, protein, yogurt, dan ditambah vitamin. Makanan juga tidak boleh ada santan, jangan terlalu asin, jangan terlalu manis, dan tidak pakai msg," kata dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi.

"Pemain dilarang memakan makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas. Kerupuk juga tidak boleh ada di menu kami. Pemain juga tidak boleh jajan diluar. Pemain sangat mematuhi aturan ini, kalaupun mereka lapar di luar jam makan ada menu snack yang disediakan pihak hotel," tambahnya.

Selain pengawasan makanan yang ketat, pemain Timnas Indonesia juga dilarang untuk keluar hotel pada malam hari. Aturan tersebut dibuat untuk menjaga kebugaran dan kondisi pemain.

Sementara itu, bagi salah satu pemain Indonesia, Stefano Lilipay mengaku dengan menu makanan dan aturan ini sangat diakuinya membantu menjaga kondisi dan kebugaran pemain. "Kami sebagai pemain profesional dan sedang membela Timnas Indonesia sangat senang dengan aturan ini. Menu makanan kami juga tidak ada masalah, karena itu bagus untuk kami juga. Selain itu kami juga harus pandai mengatur waktu terutama jam istirahat agar tampil maksimal di seiap pertandingan," kata Stefano. 

Pada ajang AFF Suzuki Cup 2018, Indonesia berada di Grup B bersama juara bertahan Thailand, juara empat kali turnamen ini Singapura serta Filipina dan Timor Leste. PSSI menargetkan skuat Garuda bisa meraih juara di ajang bergengsi antar negara ASEAN ini.