Menanti Kejutan dari Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024

Tim U-23 Indonesia berstatus sebagai tim debutan di Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung mulai hari ini, Senin (15/4) sampai 3 Maret mendatang.

Namun, dari 23 pemain yang dibawa pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong, 10 di antaranya merupakan 'alumnus' Piala Asia 2023 (senior) yang juga berlangsung di Qatar pada Januari-Februari lalu.

Sepuluh pemain tersebut di antaranya Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, dan Ivar Jenner. Kemudian ada Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ramadhan Sananta serta Hokky Caraka.

Rupanya keberadaan mereka di skuad ini bisa memotivasi para pemain lainnya untuk bisa tampil maksimal di Piala Asia U-23 2024. Pada ajang ini, Garuda Muda ditargetkan lolos dari fase grup, bahkan diharapkan meraih peringkat ketiga demi tiket ke Olimpiade 2024 di Paris.

"Tentunya saya dan pemain lain yang sudah mengikuti Piala Asia senior kemarin, kami juga memotivasi buat teman-teman yang lain untuk kita percaya diri, kompak, untuk bisa meraih hasil terbaik. Kami saling dukung dan saling menguatkan satu sama lain," kata bek kiri, Pratama Arhan.

Indonesia akan membuka kiprahnya di Piala Asia U-23 2024 dengan menghadapi tuan rumah Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Senin (15/4) pukul 22.30 WIB. Jelang laga ini, Arhan menyebut dirinya dan seluruh pemain sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

"Persiapan tim sangat baik, pemain semua sangat kompak, kami mengikuti instruksi pelatih dengan sangat baik dan kita pasti bakal bikin kejutan di pertandingan nanti," ujar pemain Suwon FC tersebut.

Sementara itu, terkait kondisinya, Arhan memastikan dia dalam keadaan baik-baik saja. Arhan sempat dirawat di rumah sakit beberapa waktu lalu yang menyebabkan dirinya absen memperkuat Timnas Indonesia di matchday empat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Vietnam pada 26 Maret lalu.

"Alhamdulillah sekarang kondisinya stabil. Pemain lain pun kondisinya sangat stabil dan siap menghadapi pertandingan nanti," tukas Arhan.