Materi Kepemimpinan dan Integritas di Kursus Wasit Lisensi C1

Memasuki dua hari terakhir kursus dan seleksi wasit lisensi C1, pemadatan materi teori diberikan secara masif. Adapun mengenai kepemimpinan, integritas dan beberapa persoalan dari law of the game dibahas, Kamis (7/3) di Bogor.

Seperti biasa, 24 wasit peserta kursus pagi harinya melakukan latihan dan senam di penginapan mereka.

Usai senam, mereka langsung menjalani sesi kelas. Pratap Singh dan Purwanto yang kini bergiliran untuk mengisi materi kursus.

Salah satu isi materi yang dibawakan yakni, bagaimana persiapan diri seorang wasit dan asisten wasit sebelum memimpin pertandingan.

"Mereka harus lebih bertanggung jawab dan disiplin. Bagaimana membangun kepemimpinan di suatu pertandingan. Ini menjadi cikal bakal mereka agar lebih baik kedepannya dan memimpin pertandingan dengan baik," kata Pratap Singh.

Berdasarkan law of the game hal-hal yang harus diperhatikan, antara lain; Pertama, pengetahuan dan interpretasinya. Kedua, evaluasi terhadap kejadian-kejadian sebelumnya/kasus sebelumnya. Ketiga, yakin bahwa fisik dan mental prima.

Keempat, katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa dan kesalahan tidak akan pernah terjadi. Kelima, yakinkan bahwa Anda adalah satu-satunya pemberi keputusan dan juga seorang pemimpin di lapangan.

Purwanto menambahkan, "Mereka juga harus merasa yakin/percaya dengan rekannya, yakni asisten wasit. Sebagai wasit, mereka harus melupakan sejenak kejadian di kantor dan di rumah, supaya bisa fokus dalam memimpin suatu pertandingan. Kemudian, datang ke lapangan segera sebelum jadwal pertandingan dimulai."

Terakhir, "Duduklah dengan rileks di ruang wasit dan memikirkan yang indah-indah dan yang ringan (contoh, dengan cara mendengarkan musik)," tutupnya.

Kursus dan seleksi ini masih menyisakan satu hari lagi, yakni esok tanggal 8 Maret 2024, dimana rencananya akan ditutup dan berakhir.