Liga Futsal dan Wanita Segera Digelar


Liga Futsal Indonesia dan Liga Wanita Indonesia akan dibentuk oleh PSSI pada tahun 2015 mendatang. Hal ini jadi salah satu program yang dipaparkan dalam Kongres Tahunan PSSI 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (4/1).

PSSI membenahi sejumlah turnamen dan kompetisi, yang tadinya masih amatir, menjadi liga dan kompetisi profesional. Di antaranya adalah pembentukan Liga Futsal Profesional serta mengubah turnamen sepak bola wanita menjadi liga wanita.

"Kita akan men-setup liga profesional futsal yang diatur oleh PT Liga Futsal Indonesia. Akan ada 16 klub tahun ini di Pro League (Liga Profesional Futsal). Saat ini ada 30 klub yang akan melalui proses kualifikasi,"ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono.

Kita juga akan membuat Liga Sepak Bola Wanita, yang tadinya turnamen, sekarang menjadi liga, Joko menambahkan.

PSSI juga membenahi struktur liga Indonesia. Klub-klub amatir, yang tadinya terbagi dalam tiga divisi, mulai Divisi Satu hingga Divisi Tiga, kali ini dilebur menjadi Liga Nusantara.

Liga Nusantara ini akan digelar dari tahap provinsi, regional hingga nasional. Asosiasi PSSI Provinsi akan diserahi tanggung jawab menggelar Liga Nusantara.

PSSI juga menargetkan akan meresmikan pusat pengembangan pemain muda yang dibangun dengan bantuan FIFA Goal Project.

"FIFA Goal Project di Sawangan selesai di bulan Juni sehingga penggunaan lapangan bisa digunakan 24 jam," ujar pria asal Ngawi, Jawa Timur itu menjelaskan.