Libas Persiba, PS Tira ke 64 Besar

PS Tira sukses melaju ke babak 64 besar Piala Indonesia 2018. Kepastian ini usai mengalahkan tuan rumah Persiba Bantul dengan skor 4-0 di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (24/7) sore.

Empat gol The Young Warriors dicetak oleh Ahmad Nufiandani pada menit ke-52 dan 62, penalti Sansan Fauzi menit ke-54 dan Firmansyah menit ke-71.

PS Tira selaku tim tamu bermain agresif dengan langsung mengurung pertahanan Persiba Bantul sejak babak awal. Meski menurunkan mayoritas pemain lapis keduanya, PS Tira tetap tampil dominan dan menciptakan serangan ke gawang Persiba.

Sedangkan Persiba Bantul yang menurunkan pemain terbaiknya, termasuk dua pemain senior Slamet Widodo dan Johan Manaji, cenderung tampil bertahan dan hanya sesekali mengancam melalui serangan balik.

Meski terus menyerang, di babak awal PS Tira belum juga mampu menyarangkan satu gol pun. Begitu pula denga Persiba. Skor babak pertama hanya berakhir seri 0-0.

PS Tira bermain lebih baik di babak kedua. Mereka tampil dominan dan sukses menggelontorkan empat gol tanpa balas ke gawang Persiba. Keempat gol tersebut dilesakkan Ahmad Nufiandani menit ke-51 dan 66, Sansan Husaini menit ke-55 lewat tendangan penalti, dan Firmansyah pada menit ke-70.

Usai laga, pelatih PS Tira, Nil Maizar menyatakan puas dengan performa anak asuhnya. Menurut dia, kemenangan itu menunjukan bahwa PS Tira masih layak berlaga di Liga 1 meskipun saat ini bertengger di dasar klasemen.

"Kemenangan ini menunjukkan jika pemain masih dalam kondisi baik untuk laga lanjutan Liga 1 nanti, ini catatan yang baik," ujarnya usai laga.

Dia menambahkan bahwa kemenangan ini akan menjadi modal bagi PS TNI menjamu Persib Bandung di kandang sendiri pada laga pertama putaran kedua Liga 1, Senin 30 Juli 2018.

"Kami tak mau dikalahkan lagi di kandang sendiri, laga lawan Persiba ini pemanasan sebelum lawan Persib, mana yang harus dievaluasi dari pemain lapis kedua itu," ujarnya.

Sementara, pelatih Persiba Suwandi HS mengaku kekalahan timnya lebih pada perkara mental dan kematangan bermain anak asuhnya. Di babak pertama, Suwandi menyebut sebenarnya Persiba mampu bermain sesuai instruksi dan menahan PS Tira dengan skor 0-0.

Namun di paruh kedua, perbedaan mental bertanding mulai terlihat di mana anak-anak Bantul mulai terasa kalah pengalaman. "Gol-gol tadi kesalahan kami sendiri. Ketika dipres pemain kami bingung mau berbuat apa,” ungkapnya.

Hasil positif lain laga Piala Indonesia juga ditorehkan oleh PSIM Yogjakarta saat mengalahkan Persitema Temanggung 2-0 di Stadion Bhumi Phala, Kabupaten Temanggung, Minggu (22/7). Persbul Buol juga berhasil menang atas Persbit Bitung dengan skor yang sama, 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Mini Kuonoto, Kabupaten Buol, Senin (23/7).

Berita terkait