Laga Perdana Piala Soeratin U-13 Tahun Kedua Bergulir

Kompetisi usia muda Piala Soeratin U-13 putaran nasional kembali bergulir. Dua anggota komite eksekutif PSSI, Eko Setyawan dan Muhammad turut hadir membuka gelaran itu secara simbolis, di Lapangan Garudayaksa Football Academy, Setu, Kabupaten Bekasi, Minggu (21/1).

Laga perdana di tahun kedua gelaran tersebut banjir gol. Dua tim bahkan mencetak lebih dari tiga gol. Mereka adalah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jawa Barat sukses membungkam Sulawesi Barat dengan skor telak 5-0, sementara Jawa Tengah mengalahkan Bali dengan skor telak 4-0.

"Kompetisi Piala Soeratin itu harapan kita jadi blueprint Garuda Mendunia di tahun 2045, makanya kita itu butuh banyak pemain talenta muda di masa depan," buka Muhammad.

Dia berharap anak-anak di usia 13 tahun ini kedepannya bisa main di tim nasional. "Harapan kita, di kompetisi ini, anak-anaknya dua atau tiga tahun ke depan bisa masuk timnas U-16 atau U-17. Jadi nanti mereka bisa main di Piala Dunia U-17 atau U-20," tuturnya.

Muhammad mengungkapkan, gelaran Piala Soeratin ini juga berlangsung di kategori kelompok umur U-15 (Solo dan D.I Yogyakarta) akan dimulai esok hari Senin 22 Januari 2024 dan U-17 (Surabaya) sudah dimulai hari Sabtu 20 Januari 2024 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali bersama dua anggota komite eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan dirinya.

Anggota komite eksekutif PSSI termuda itu juga menyampaikan harapan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Harapan Ketum, pembinaan usia muda terus dilakukan, karena apapun yang terjadi, pemain-pemain kita itu kedepannya jadi penggawa tim nasional Indonesia. Kita itu harus punya stok 150 pemain. 2x11 di senior, 3x11 di U-23, 4x11 di U-20 dan 5x17 di U-17. Kalau kita punya stok seperti itu, kita tak kesulitan mencari pemain untuk tim nasional," tutupnya.

Laga-laga Piala Soeratin U-13, U-15 dan U-17 dapat disaksikan secara langsung di kanal Youtube PSSI TV dan untuk update hasil pertandingan serta foto-foto pertandingan dapat dilihat pada sosial media instagram @pialasoeratin.

Berikut Hasil Pertandingan Piala Soeratin U-13, Minggu 21 Januari 2024:

Grup A

Jawa Barat 5-0 Sulawesi Barat

Gorontalo 0-3 D.I Yogyakarta

 

Grup B

Nusa Tenggara Barat 0-3 Maluku Utara

Bali 0-4 Jawa Tengah

 

Grup C

Sulawesi Utara 0-1 Sumatera Utara

Maluku 3-0 Kalimantan Tengah

 

Grup D

Papua Barat 0-3 Jawa Timur