Kursus Refer System untuk Penilai Wasit Gelombang Kedua Berakhir

PSSI telah menuntaskan kegiatan kursus penilai wasit gelombang kedua untuk pengenalan sistem refer, Kamis (29/2).

Gelombang kedua ini dimulai dari 26 hingga 29 Februari 2024. Sedangkan untuk gelombang pertama berlangsung 22-25 Februari 2024.

Selama kursus di gelombang kedua ini, Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Yoshimi Ogawa menjadi pemberi materi dan dibantu oleh Pratap Singh, Jimmy Napitupulu, dan Agus Hariyono.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria dan anggota Exco PSSI Rudi Yulianto turut hadir di acara terakhir kursus gelombang kedua ini.

“Saya berpesan kepada para penilai wasit, laporan yang ditulis hanya untuk konsumsi mereka dan komite wasit dan tidak untuk disebarkan ke mana-mana. Wasit perlu kita lindungi. Kedua, mereka harus hati-hati dan konsentrasi dalam bertugas. Saya berharap seusai kursus, para penilai wasit ini bisa terus berlatih dengan komputer dan sistem refer,” imbuh Ratu Tisha Destria .

Senada dengan Waketum PSSI, anggota Komite Eksekutif PSSI Rudi Yulianto juga berharap penilai wasit ini bisa terus belajar dan dekat dengan computer  seusai kursus.

“Saya berharap apa yang sudah diberikan oleh para instruktur selama beberapa hari ini, para penilai wasit bisa cepat beradaptasi dengan sistem refer. Karena memang saat ini zamannya digitalisasi,” kata Rudi Yulianto.

Dalam kegiatan ini, para penilai wasit juga mendapat bimbingan melalui zoom meeting dan dipandu oleh Raymond Olivier (AFC Referee Instructor) dan Jeremy Kerner (Sports Fusion CEO).

Di hari terakhir ini, materi yang dibawakan antara lain adalah analisis pertandingan, membuat laporan atas insiden yang terkonfirmasi untuk dilakukannya pembuktian lebih lanjut. Laporannya dalam bentuk Google Form. Kemudian setelah itu, ada berbagi evaluasi mengenai refer system selama kursus berlangsung.