Kontestan Piala AFF U-19 2018 Siap Tempur

Para negara kontestan Piala AFF U-19 2018 mengaku siap berlaga untuk menghadapi ajang yang digelar di Sidoarjo dan Gresik ini. Persaingan antar tim dipastikan akan berlangsung ketat karena setiap ingin menjadi yang terbaik.

Pada Piala AFF U-19 2018, diikuti oleh 11 negara dan dibagi dalam dua grup. Indonesia selaku tuan rumah berada di grup A bersama juara bertahan Thailand, Vietnam, Laos, Filipina dan Singapura. Sementara grup B diisi oleh Malaysia, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa timnya sudah siap tempur menghadapi turnamen ini. Apalagi di laga perdana timnya akan melawan Laos.

"Kami tak ingin meremehkan Laos, Filipina atau Singapura. Kami rasa mereka juga tim yang kuat dan harus diwaspadai selain Thailand dan Vietnam," ungkap Indra.

Menurut Indra, sejak awal dirinya juga sudah menekankan kepada pemainnya agar momentum Piala AFF U-19 dimanfaatkan untuk menambah pengalaman bermain. Termasuk jam terbang mereka di level internasional.

"Kami meminta agar semua pemain berkonsentrasi pada semua pertandingan Piala AFF. Sebab turnamen tingkat Asia Tenggara tersebut adalah wadah untuk membuktikan kualitas mereka dan pemanasan jelang Piala AFC U-19 bulan Oktober mendatang," jelas pelatih asal Sumatera Barat ini.

Pelatih Laos, Chusack Sriphum menyatakan ambisinya untuk memenangkan setiap pertandingan yang mereka jalani, tak terkecuali saat melawan Indonesia.

"Kami sudah melakukan persiapan yang maksimal untuk menghadapi Piala AFF U-19 tahun ini. Semoga kami dinaungi keberuntungan," kata Sriphum.

Sementara pelatih Vietnam, Hoang Anh Tuan mengaku dari sisi persiapan timnya sudah siap karena sudah menjalani latihan dan uji coba di dalam negeri, serta TC di mancanegara.

"Setelah mengikuti turnamen Suwon Cup di Korea, pemain mengalami peningkatan saat TC di Cina. Peningkatan dari sisi psikologi juga didapat pemain dari rangkaian pertandingan uji coba. Kami menang dua kali dari tiga uji coba di Guangzhou. Kami akan bermain maksimal dan ingin meraih kemenangan setiap pertandingan,” kata Hoang.

Asiste pelatih Malaysia, Hairuddin Omar mengaku sangat senang Piala AFF U-19 diadakan di Indonesia. Apalagi ajang ini menjadi momentum timnya jelang persiapan menghadapi Piala AFC U-19.

"Semoga Malaysia menjadi juara di Piala AFF U-19 tahun ini. Persaingan tentu sangat ketat, namun kami yakin dengan skuat yang kami bawa," jelasnya.