Kompetisi Shopee Liga 1 2019 Resmi Diluncurkan

Kompetisi Shopee Liga 1 2019 akan bergulir pada Rabu (15/5) mendatang dengan diikuti 18 klub. Gelaran kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Indonesia ini resmi di launching pada Senin (13/5) di SCTV Tower, Senayan, Jakarta.

Pada launching tersebut dihadiri oleh anggota Komite Eksekutif PSSI Refrizal, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Direktur Programing SCM Harsiwi Achmad, Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Sekjen BOPI Sandi Suwardi Hasan, Pesiden Komisaris SEA Grup Induk Lerusahaan PT Shopee Internasional Indonesia, Pandu Sjahrir, perwakilan pemain 18 klub, dan perwailan wasit.

Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto mengatakan bahwa PSSI bangga dan bersyukur bahwa kick off Shopee Liga 1 2019 akan dimulai tanggal 15 Mei dengan ditandai laga pembuka PSS Sleman versus Arema FC.

"Kami akui musim ini tantangan lebih berat jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Untuk itu PSSI, PT Liga, dan klub akan bekerja keras demi mewujudkan kompetisi yang lebih baik. PSSI mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu bergulirnya Shopee Liga 1 2019. Kami harap klub, suporter dan semuanya saling mendukung demi suksesnya kompetisi musim ini," kata Iwan.

Sementara, Sekjen PSSI, Ratu Tisha optimistis Shopee Liga 1 2019 akan menjadi kompetisi yang diperhitungkan di pentas Asia. PSSI menargetkan Liga 1 berada di lima besar Asia. Untuk menjadi liga yang menjanjikan, PSSI akan bekerja keras untuk mewujudkannya.

"PSSI sangat berterima kasih telah mendapat dukungan. Dengan kerja keras dan cerdas, kami berharap bisa menjadi top 5 liga-liga di Asia pada 2022. Kita ingin menumbuhkan industri sepak bola yang sehat agar target lolos Olimpiade bisa tercapai," kata Tisha.

Direktur PT LIB, Dirk Soplanit mengatakan setelah melalui proses yang panjang, akhirnya kami sepakat dengan Shopee sebagai sponsor utama Liga 1 2019. Ia berharap kesepakatan ini menjadi tonggak untuk menuju prestasi dan tolak ukur yang lebih baik lagi.

"Kualitas kompetisi musim ini harus jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kami pun juga berharap bisa menyajikan kompetisi yang bersih, kompetitif, fair play dan menjadikan hiburan yang berkelas bagi seluruh penikmat sepak bola nasional," kata Dirk.

“Dengan dukungan Shopee kami percaya niatan dari PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru untuk menciptakan iklim sepakbola Indonesia yang lebih professional bisa cepat terlaksana. Pada kesempatan ini kami ingin menegaskan bahwa Shopee mendukung penuh perbaikan sepakbola Indonesia dengan menjadi sponsor utama Liga Satu 2019. Semoga dengan dukungan Shopee, e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan Sepakbola Indonesia bisa menjadi lebih baik”, tambah Pandu Sjahrir, Presiden Komisaris SEA Grup, Induk perusahaan Shopee.

Shopee Liga 1 menjadi penegas komitmen Emtek dalam mengaungkan gelora serta gairah olahraga di Indonesia yang sudah dipersembahkan lewat tayangan Asian Games 2018 dan juga Piala Presiden dalam 3 tahun dalam terakhir. “Tayangan sepakbola nasional sudah menjadi signature Emtek khususnya Indosiar. Konsistensi Indosiar ini berbuah semakin meluasnya penggemar tayangan sepakbola di seluruh lapisan masyarakat”, tutup Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM.

Laga pembuka Liga 1 2019 mempertandingkan PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/2019) pukul 20.00 WIB. Pertandingan ini disiarkan langsung di Indosiar dan Vidio.com.

Nantinya, ada 306 pertandingan di Shopee Liga 1 2019. Sebanyak 160 laga di antaranya bisa disaksikan melalui Indosiar. Sisanya, 78 pertandingan disiarkan oleh O Channel, dan 68 laga secara live streaming. Namun, semua pertandingan Shopee Liga 1 bakal disiarkan live streaming di Vidio.com.

Selain Shopee dan Emtek Group, sederet sponsor lain juga diperkenalkan pada launching ini seperti Kuku Bima, Specs yang menyuplai pakaian wasit, dan Mitre yang akan menjadi bola resmi kompetisi ini.